Kembali ke Article

Viral,,,,,,,,Warung Mas Joko Makasar, Omset Berlipat Berkat Pre Order

16 Dec 2019 Inspirasi
Viral,,,,,,,,Warung Mas Joko Makasar, Omset Berlipat Berkat Pre Order foto:ist
16 Dec/2019

Ada sebuah fenomena unik di Makasar. Kota terbesar di Indonesia Timur itu kini tengah menggeliat. Sebagai kawasan bisnis, industri dan pendidikan, Makasar kini sejajar dengan kota-kota metropolitan lain di Indonesia. Pertumbuhan ini juga menggerakkan sektor industri kuliner.

Salah satunya adalah Warung Sari Laut mas Joko. Warung yang mulai dibukan sejak 2016 lalu ini memang tengah viral di Makasar. Meski memakai nama sari laut, namun menu kuliner warung ini sangat beragam. Dari penyetan tahu tempe, ayam bakar hingga rawon dan aneka kuliner popular lainnya.

Kegemaran makan sambal adalah kunci sukses Mas Krisna pemilik warung Mas Joko ini. “Meski banyak menampilkan menu sari laut atau seafood, tapi menu ayam dan bebek goreng juga sangat diminati masyarakat Makasar,” buka Krisna pada Makanabis.com.

Krisna lantas menjelaskan rahasia sukses usaha kulinernya. “Betul ,menu andalan kami  ayam goreng atau bakar. Kalau dua menu ini dimana saja sama. Yang memberdakan pada warung kami adalah racikan bumbu dan sambalnya. Kami memakai sambal petis. Sebelum buka usaha ini saya sudah survey, belum ada di Makasar warung sambal dengan menggunakan petis. Dan ketika saya mencoba untuk membuatnya, alhamdulilah diterima masyarkat,” urainya.

Untuk petisnya, lanjut Krisna, di Makasar banyak tersedia, tapi kadang kala, ia juga harus mendatangkan petis unggulan dari Jawa Timur juga. “Kebetulan selara lidah orang Makasar dan Jawa Timur sama. Sama-sama doyan pedas, jadi menu yang kami buat tidak asing dan bisa diterima. Meski awalnya orang-orang Makasar mempertanyakan rasa petis, tapi lama-kelamaan mereka jadi suka juga,” bangganya.

Selain ayam bakar dan goreng, menu seafood juga menjadi buruan orang-orang Makasar. Mereka sangat gandrung dengan olahan hasil laut. “Saya sendiri tidak ada basic ilmu memasak. Tapi istri saya gemar memasak dan kata banyak orang masakannya enak. Sekalian saja saya membuka usaha warung makan. Hasilnya tidak mengecewakan. Berangkat dari hobi kini jadi profesi,”ujarnya sambil tertawa.

Saat ini Krisna sudah memiliki 2 Warung, di Jl. Kapasa Raya no 23 dan Jl. Biring Romang no 32. Dengan masing-masing warung berdaya tampung 60 tempat duduk, hampir setiap malam, warung Mas Jpko selalu penuh oleh pengunjung yang kelaparan.

Di warung Mas Joko menu termurah adalah tahu tempe penyet, yang dibandrol hanya Rp. 6.000 saja. Selain itu juga ada ikan bakar atau goreng yang dihargai Rp. 25.000. Namun juga ada menu-menu paket ekonomis seharga Rp. 33.000 yang berisi nasi ayam bakar atau goreng, minuman es jeruk dan kerupuk. Buka mulai pikul 09.30 hingga pukul 24.00, warung Mas Joko ini selalu ramai pengunjung.

foto:adamtaufik
foto:adamtaufik

Namun belakangan warung mas Joko lebih ramai lagi dan omsetnya meningkat berlipat-lipat dengan aplikasi meeberian. “Saya perkenalkan aplikasi meeberian pada pelanggang. Dan mereka sangat senang, karena dengan aplikasi ini pengunjung tidak perlu lagi menulis di buku pesanan. Semua jenis menu warung kami sudah tertera di aplikasi meeberian,” ujar Krisna.

Dengan aplikasi meeberian, lanjutnya, tidak ada lagi waktu terbuang untuk antri pesan. Tidak ada lagi kesalahan pesanan, karena semua pengunjung yang memilih. Dan dengan fitur pre order, pengunjung dapat melakukan pemesanan lebih awal bahkan sebelum sampai di tempat makan. “Dengan Pre Order, kita juga bisa menyingkat waktu memasak. Karena sekali memasak hingga ke penyajian  butuh waktu antara 10-20 menit tergantung jenis pesanan. Pre Order memudahkan kami dalam menyiapkan menu. Selain itu dengan pre order meeberian omset warung kami jadi meningkat,” pungkas Krisna.

Article Lainnya


Manggis, Buah Raja Antioksidan

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Penelitian menyimpulkan jika buah manggis adalah buah yang memiliki kadar antiok...

Asinan Nanas, Seger  Pedas Rasa Nendang

Asinan Nanas, Seger Pedas Rasa Nendang

Selain dijadikan bahan untuk rujak, nanas juga sangat nikmat dijadikan asinan. Asinan adalah...

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar berasal dari kata dalam bahasa Hindi dan Sansekerta. Artinya kurang lebih sama seperti ...

Herbal Alami Anti Hipertensi & Kolesterol

Herbal Alami Anti Hipertensi & Kolesterol

Keluhan kesehatan yang paling sering terjadi pada masa sekarang adalah hipertensi dan kolest...

JELAJAH