Kembali ke Article

Wagyu, Daging Termewah

15 May 2020 Food Story
Wagyu, Daging Termewah
15 May/2020

 

Ternyata masih banyak orang tak tahu apa sebenarnya daging wagyu. Mungkin pernah memesan atau bahkan memakannya, tapi apa itu daging wagyu masih banyak yang belum mengetahui secara pasti.

 

Sebenarnya Wagyu memiliki arti yang simpel, yaitu sapi Jepang. Wa berarti Jepang dan Gyu berarti Sapi. Tapi  tidak semua sapi di Jepang bisa dikategorikan sebagai Wagyu. Daging Wagyu hanya berasal dari empat ras sapi di Jepang. Sapi dengan kulit hitam atau coklat, tanduk pendek atau shorthorn bahkan kadang tak bertanduk atau polled. Khusus untuk daging Wagyu import, rata-rata menggunakan sapi berkulit hitam.

 

Merangkum dari berbagai sumber, makanabis mendapati wagyu termasuk jenis   daging dengan harganya di atas rata-rata. Wagyu layak disebut mewah karena kualitas dan rasanya yang luar biasa.

 

Komposisi lemak wagyu sangat banyak namun merata diseluruh daging. Komposisi lemak inilah yang membuat daging terasa sangat gurih. Meski berlemak, tapi  titik lelehnya rendah, bahkan sediki lebih rendah di bawah suhu tubuh manusia. Hal tersebut membuat daging Wagyu seakan-akan meleleh di mulut ketika dimakan.

 

Kualitas dan keistimewaan ini membuat daging Wagyu populer di seluruh dunia. Bahkan  Amerika Serikat dan Australia ikut mencoba menernakkan sapi penghasil daging tersebut. Peternak Amerika menyilangkan sapi wagyu dengan sapi ras Angus. Dan terbukti, sapi hasil silangan itu untuk menghasilkan  sapi-sapi yang mampu beradaptasi dengan iklim Amerika. Meski tidak sebaik daging Wagyu asli, namun daging hasil kawin silang tersebut tetap dianggap mewah.

 

Jika membahas Wagyu, maka daging Kobe adalah  jenis Wagyu paling mewah. Daging Kobe hanya dapat dihasilkan di prefektur Hyogo, Jepang. Ada ukuran tersendiri untuk menentukan apakah daging dari Hyogo mampu dianggap sebagai daging Kobe.

 

Daging Kobe tak di export  atau dijual bebas. Hanya beberapa restoran terpilih yang menghidangkan daging Kobe. Jadi jangan langsung percaya jika sebuah restoran mengaku menyajikan daging kobe. 

 

Bagi orang awam memang sangat sulit  untuk mengetahui  daging   Wagyu atau bukan. Tapi tips makanabis berikut ini, akan membawa pembaca menjadi sedikit mengetahui rahasia daging Wagyu.

 

Pertama : Dalam keadaan mentah, warna daging Wagyu terlihat pink, bukan merah terang. Kedua : terlihat banyak titik atau garis putih yang tersebar di seluruh bagian daging. Itulah lemak pusat dari rasa gurih wagyu. Ketiga : jika wagyu import maka dagingnya tidak memiliki tulang. wsn

Article Lainnya


NEW NORMAL dan Dampaknya pada Bisnis Kuliner

NEW NORMAL dan Dampaknya pada Bisnis Kuliner

Sepekan terakhir, kita jadi lebih sering membaca, mendengar dan melihat di media massa mengenai New ...

Buat Sendiri Oreo Supreme KW

Buat Sendiri Oreo Supreme KW

Baru-baru ini brand biskuit Oreo membuat geger dunia maya karena meengeluarkan produk yang sangat ma...

Jenis Beras dan Khasiatnya, Sesuaikan Kebutuhan Tubuhmu

Jenis Beras dan Khasiatnya, Sesuaikan Kebutuhan Tubuhmu

Bagi mayoritas masyarakat Indonesia, nasi merupakan makanan pokok yang tidak bisa ditinggalkan. Bahk...

Kaviar, Emas Hitam Dunia Kuliner

Kaviar, Emas Hitam Dunia Kuliner

Telur ikan sturgeon yang telah diproses dan digarami di dunia kuliner dinamai kaviar. Kaviar menjadi...

JELAJAH