Kembali ke Article

Waspada Hidden Sugar!!! Makanan Perusak Kesehatan

12 Jan 2022 Healthy Food
Waspada Hidden Sugar!!! Makanan Perusak Kesehatan source : knoxnews
12 Jan/2022

 

Ada banyak bahan dan jenis makanan yang dapat membahayakan kesehatan. JIka selama ini masyarakat menempatkan gula sebagai bahan makanan yang membahayakan kesehatan, ternyata itu semua tidak sepenuhnya benar. Organisasi  kesehatan dunia tetap mengijinkan konsumsi gula, namun dengan catatan tidak boleh secara berlebihan. Berapa jumlah yang diijinkan?

 

Dalam pernyataan resminya,   sekitar dua sendok makan gula perhari. Senada dengan organisasi kesehatan dunia,  Kementerian kesehatan Republik Indonesia memperbolehkan penggunaan atau  konsumsi gula sebanyak 4 sendok perhari. Jelas sekali jika konsumsi gula diatas 4 sedok perhari dalam jangka waktu yang lama akan membahayakan bagi kesehatan manusia.

 

source : daily mail
source : daily mail

 

Apakah itu sudah cukup? Belum! Selain gula ternyata ada beberapa bahan makanan yang membahayakan kesehatan manusia. penyedap rasa, kecap, saus atau bahkan roti punya dampak buruk bagi kesehatan.  Ada beberapa jenis makanan  atau bumbu masak tertentu yang mengandung hidden sugar alias gula tersembunyi . Makanan atau bumbu itu seperti : kecap, saus, dan bumbu penyedap tanpa disadari meningkatkan jumlah asupan  gula yang kita konsumsi , yang pada gilirannya akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan .

 

Mereka yang mengurangi konsumsi gula dilaporkan mengalami peningkatan performa kesehatan mereka dalam jangka 5 bulan saja.  Apakah hal ini berlebihan??? TErnyata Tidak! Gula termasuk bahan makanan yang sulit dicerna oleh tubuh. Saat tubuh mengkonsumsi gula putih,  kerja limpa dan hati akan semakin keras dan berat dalam mengkonversi dan mencerna zat-zat makanan yang akan memicu  darah menjadi asam dan mengental. Hal senada juga berlaku untuk penyedap karena kandungan gulanya juga sangat tinggi. Untuk pengganti penyedap kita dapat menggunakan  rempah-rempah sedikit madu dan air kelapa.

 

Article Lainnya


Manggis, Buah Raja Antioksidan

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Penelitian menyimpulkan jika buah manggis adalah buah yang memiliki kadar antiok...

Asinan Nanas, Seger  Pedas Rasa Nendang

Asinan Nanas, Seger Pedas Rasa Nendang

Selain dijadikan bahan untuk rujak, nanas juga sangat nikmat dijadikan asinan. Asinan adalah...

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar berasal dari kata dalam bahasa Hindi dan Sansekerta. Artinya kurang lebih sama seperti ...

Herbal Alami Anti Hipertensi & Kolesterol

Herbal Alami Anti Hipertensi & Kolesterol

Keluhan kesehatan yang paling sering terjadi pada masa sekarang adalah hipertensi dan kolest...

JELAJAH