Kembali ke Article

Waspada!! Jangan Campur 4 Makanan Ini dengan Susu

17 Feb 2020 Healthy Food
Waspada!! Jangan Campur 4 Makanan Ini dengan Susu
17 Feb/2020

Susu adalah salah satu produk hewani yang banyak mengandung nutrisi dan sumber gizi. Susu mempunyai banyak fungsi dan manfaat. Dapat membantu pertumbuhan tubuh, selain itu juga baik untuk tulang agar tidak mudah keropos. Susu merupakan minuman yang sangat sehat untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, banyak anjuran untuk minum susu setiap hari.

Saat ini, banyak orang minum susu dicampur dengan beragam bahan makanan, seperti buah-buahan, coklat bahkan dicampur telur sebagai jamu. Tahukah Anda, bila sebenarnya bahan makanan tersebut tidak baik jika dikonsumsi bersamaan dengan susu. Apa saja bahan makanan yang tidak boleh dikonsumsi dengan susu? Ikuti ulasan makanabis berikut ini.

1. Susu dan Buah

Minum susu dicampur buah biasanya kita dapati pada es campur atau sup buah. Jika dibayangkan rasanya segar banget, bukan? Mengapa sebaiknya susu tidak dicampur dengan buah? Hal ini dikarenakan ada zat yang terkandung dalam buah yang dapat mengeras ketika bertemu dengan protein pada susu. Hal ini menyebabkan susu akan sulit dicerna oleh tubuh, sehingga mengakibatkan tubuh akan kekurangan protein.

2. Susu dengan Ikan

Susu memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Ikan juga banyak mengandung protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebaiknya jangan minum susu sambil makan ikan. Lebih baik beri jarak waktu saat minum susu dan makan ikan. Mengapa demikian? Karena susu memiliki efek pendingin bagi tubuh sedangkan ikan memanaskan tubuh kita, sangat berbanding terbalik. Jika dikonsumsi bersamaan akan memicu alergi pada tubuh kita. Jadi sehabis makan ikan, jangan minum susu dahulu, beri jarak waktu agar ikan dicerna dahulu oleh tubuh.

3. Susu ditambah Coklat

Enak sekali minum susu ditambah dengan coklat yang manis. Namun alangkah baiknya jika minum susu tidak dicampur dengan coklat karena coklat mengandung asam oksalat, dimana kandungan tersebut tidak cocok dengan zat kalsium yang terkandung pada susu. Hal ini menyebabkan kalsium tidak dapat larut sehingga mengakibatkan perut mulas bahkan diare.

4. Susu Kedelai dengan Telur

Makan telur jangan dengan minum susu kedelai yaa..Telur yang kaya akan protein jika dikonsumsi dengan susu kedelai mengakibatkan protein tersebut akan dinetralisir oleh susu kedelai karena susu kedelai dapat mengurangi aktivitas zat yang berfungsi untuk menjaga metabolisme protein.

 

Minum susu dapat membuat tubuh sehat tetapi jika dikonsumsi bersamaan dengan makanan yang tidak tepat, dapat membuat fungsi tubuh terganggu. Jadi seleksi dulu bila hendak mengkonsumsi makanan agar tidak merugikan tubuh kita.

2020 ini meeberian kasih kamu kebebasan untuk jajan lebih banyak, lebih sering, dan lebih hemat. Mulai dari kopi susu kekinian, geprek terpedas, sampai boba topping segala macem, semua bisa kamu nikmatin tanpa antri! Tenang, gak bakal kehabisan karena kamu bisa pre-order semua makanan dan minuman yang kamu mau, bahkan sebelum sampai resto/outlet.

Kurang sayang apalagi sih meeberian sama kamu? Skuy ajakin semua temanmu untuk Jajan Murah pakai meeberian. Eits, catet yaa, pakai kode vouchernya JAMURPO50 diskonnya 50% lho! Paskalis Andrew/Berbagai sumber.

Article Lainnya


Tips Sekejap Atasi Masalah Receh

Tips Sekejap Atasi Masalah Receh

Adabanyak masalah dirumah yang menyita perhatian. Masalah-masalah sepele atau kaum milenial me...

“Lampu Merah ” Penggemar Jerohan Sapi

“Lampu Merah ” Penggemar Jerohan Sapi

Jerohan memang lezat untuk disantap, tapi risiko kesehatan yang muncul akibat terlalu sering a...

Kelor, Manfaatnya Tak Selebar Daunnya

Kelor, Manfaatnya Tak Selebar Daunnya

Penggunaan kelor sebagai salah satu bahan makanan sudah dikenal sejak berabad-abad yan...

Salad Buah Ala Makanabis

Salad Buah Ala Makanabis

Secara umum, salad buah-buahan segar baik untuk kesehatan.Buah-buahan segar kaya akan vitamin,...

JELAJAH