Kembali ke Article

Wow, Inilah 6 Sate Unik Kuliner Indonesia

02 Dec 2019 Selera Nusantara
Wow, Inilah 6 Sate Unik  Kuliner Indonesia
02 Dec/2019

Indonesia kaya akan kuliner sate. Hampir di semua kota di Indonesia, memiliki sate khasnya sendiri. Tahukah kamu, jika Indonesia memiliki sate unik yang bukan terbuat dari sate ayam ataupun sate kambing? Sate-sate di bawah ini menggunakan daging yang mungkin ‘jarang dikonsumsi’ setiap hari.

foto:merahputih
foto:merahputih

sate Payau

Kalimantan timur, khususnya kutai kartanegara memiliki kuliner khas. Salah satunya adalah sate payau. Sate payau ini berbahan dasar daging rusa. Unik banget, ya? Sayangnya kamu akan kesulitan untuk menemukan sate ini di hari biasa. Justru kamu bisa menemukan sate ini saat adanya festival atau upacara adat. Termasuk kuliner langka, lho!

Sate Bekicot

Terlihat seperti sate kerang, ya? Padahal sate khas Kediri ini terbuat dari bekicot alias siput darat. Teksturnya kenyal dan disajikan dengan bumbu kacang seperti sate pada umumnya. Ini juga sate khas Kediri sama seperti sate emprit.

foto:tribunews
foto:tribunews

Sate Susu

Apakah sate ini terbuat dari susu? Bukan, ya. Sate ini terbuat dari payudara sapi alias puting susu sapi yang dipotong menjadi berbentuk dadu. Satenya berwarna kekuningan, teksturnya kenyal dan cita rasanya gurih. Bumbunya dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan, kencur, cabai merah, cabai rawit dan juga bawang putih. Sate khas Bali ini ternyata hanya bisa ditemukan ketika bulan Ramadhan saja lho.

foto:liputan6
foto:liputan6

Sate Kalong

Jangan tertipu dengan namanya, ya. Meski namanya sate kalong, sate khas Cirebon ini menggunakan bahan dasar berupa daging kerbau. Disebut sate kalong karena para penjual biasanya hanya berjualan di malam hari. Ini dianalogikan sebagai hewan kalong yang terjaga ketika malam hari. Cita rasanya manis seperti dendeng, karena dilumuri dengan larutan gula merah lalu baru dibakar hingga matang.

foto:dimasfan
foto:dimasfan

Sate Emprit

Sate khas Kediri yang terbuat dari daging burung emprit alias burung pipit. Burung berukuran kecil ini memiliki daging yang lembut dan gurih. Sekilas terlihat seperti sate ayam biasa, ya? Hanya saja ukuran dagingnya lebih kecil. Bumbu yang digunakan juga sama seperti sate pada umumnya, yaitu bumbu kacang.

foto:megapolitanpos
foto:megapolitanpos

Sate Biawak

Ini adalah sate khas Subang, salah satu kabupaten di Jawa barat. Ini termasuk sajian sate yang cukup ekstrim, karena menggunakan bahan yang tidak biasa. Sate biawak dipercaya mampu meningkatkan vitalitas. Selain itu berkhasiat untuk kesehatan, seperti mengatasi alergi, asma, dan sesak napas. Menurut mereka yang sudah pernah mencicipinya, rasanya lembut seperti daging ayam. Harga yang dirogoh cukup mahal untuk seporsi sate biawak, dibadingkan sate ayam.

Sebenarnya masih banyak jenis sate unik lainnya yang dimiliki kuliner Indonesia. Contohnya seperti sate kalkun, sate kuda, sate kelinci, ataupun sate landak. Mana yang belum pernah kamu cicipin, nih? Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian. Putri

Article Lainnya


Slurrppp, Nikmatnya Mie Nusantara

Slurrppp, Nikmatnya Mie Nusantara

Masuknya Bangsa China di Indonesia tak hanya membawa para imigran atau pengaruh budaya saja, namun j...

Manfaat Ngemil Mangga Muda dengan Garam

Manfaat Ngemil Mangga Muda dengan Garam

Adalah kebiasaan yang lumrah bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati berbagai macam buah men...

Harus Tahu!! 6 Jenis Pastry Renyah Nan Lezat

Harus Tahu!! 6 Jenis Pastry Renyah Nan Lezat

Di Indonesia, pastry mungkin kurang begitu popular, tapi saat ini hidangan pastry ini sudah mulai po...

Resep Macaroni Schotel

Resep Macaroni Schotel

Makaroni schotel yang dikenal di Indonesia berasal dari Belanda, sulit untuk dibantahkan. Schotel ar...

JELAJAH