Kembali ke Article

Yogurt, dari Turki Hingga Bulgaria

05 Jun 2020 Food Story
Yogurt, dari Turki Hingga Bulgaria Image source: foodnetwork.ca
05 Jun/2020

Bicara tentang yogurt, pasti tidak ada yang membantah bahwa makanan ini sangat menyehatkan dan bercita rasa lezat. Yogurt mempunyai rasa masam nan segar yang khas yang berasal dari proses fermentasi susu. Selain lezat, makanan ini mampu meningkatkan kesehatan pencernaan seseorang karena bakteri probiotik yang terkandung di dalamnya dapat mengatasi masalah pada usus besar. Khasiat lainnya dari yogurt ternyata dapat mencegah pengeroposan tulang karena makanan ini mengandung kalsium yang sangat tinggi.

 

Banyak orang mengira bahwa yogurt berasal dari Eroopa. Hal tersebut diperkuat dengan banyaknya makanan tradisional Bulgaria yang terbuat dari olahan yogurt. Meskipun yoogurt sangat mendunia sebagai makanan yang berasal dari Eropa, namun Makanabis menemukan fakta lain bahwa Bangsa Asia lah yang pertama kali menemukan yogurt. Untuk lebih jelas, Makanabis akan membeberkan fakta tentang awal mula yogurt ditemukan.

Image source : kindairy.com
Image source : kindairy.com

Nama yogurt dipercaya berasal dari Bahasa Turki, yo'urmak, yang memiliki arti ‘mengental’ atau ‘menebal’. Penamaan ini berkaitan erat dengan sejarahnya. Konon, pada zaman dahulu, para penggembala atau pedagang dari Turki gemar membawa bekal susu saat bepergian jauh. Agar lebih awet saat perjalanan jauh, para penggembala menyimpan minuman susunya di dalam lambung domba yang diletakkan di atas punggung onta. Perubahan cuaca terik pada siang hari dan dingin pada malam hari di padang gurun disertai oyakan onta saat berjalan berimbas pada terbentuknya bakteri yang bercampur susu sehingga membentuk gumpalan pada cairan yang ada di dalam kantong lambung domba. Gumpalan tersebut yang sekarang disebut yogurt.

 

Penemuan yang terjadi secara tidak sengaja tersebut membuat masyarakat Timur Tengah akhirnya sangat akrab dengan yogurt dan menjadikannya sebagai masker untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan pada wajah. Masyarakat India pun juga menjadikannya sebagai obat sakit perut. Makanan ini akhirnya memasuki tanah Eropa pada abad ke-16 saat Sultan Suleiman dari Kesultanan Usmaniyah Turki mengirim tabib beserta yogurt sebagai obat untuk menyembuhkan diare hebat yang diderita sahabatnya, Raja Francis I. Berkat peristiwa tersebut, yogurt mulai masyhur di tanah Eropa dan menjadi makanan yang mendunia hingga sekarang.

Inas Rifqia

Article Lainnya


‘Rumus’ Jus dan Smoothie

‘Rumus’ Jus dan Smoothie

Menggabungkan bahan makanan menjadi tren tersediri beberapa tahun terakhir ini. Dunia kuline...

Sekilas Laksa

Sekilas Laksa

Sampai saat ini masih belum jelas asal usul laksa. Makanabis.com mendapati ada ada tiga teor...

Som Tum Rujak Khas Thailand

Som Tum Rujak Khas Thailand

Berbicara rujak atau salad maka yang muncul di pikiran adalah hidangan yang berisi sayuran d...

Ikan Asin, Dulunya Hidangan Mewah Saat Upacara

Ikan Asin, Dulunya Hidangan Mewah Saat Upacara

Ikan asin masuk kedalam jenis makanan olahan yang diawetkan. Makanan ini terbuat dari ikan yang didi...

JELAJAH