Kembali ke Review
 Rasa Tionghoa dan Melayu di Nyonya Peranakan Cuisine
28 Jan/2020

Rasa Tionghoa dan Melayu di Nyonya Peranakan Cuisine

28 Jan 2020 Popup Market Review
star star star star_half star_border 3.75 (View Detail) place Food Junction Pakuwon Mall date_range - ( - - -) local_offer -
Ratingclose
Rasa star_border star star star star (4)
Suasana star_border star star star star (4)
Harga star_border star_half star star star (3.5)
Pelayanan star_border star_half star star star (3.5)
Kebersihan star_border star star star star (4)
Strategis star_border star_half star star star (3.5)

Pernah dengar kata Peranakan sebelumnya? Peranakan merupakan sebutan khusus untuk masyarakat Tionghoa yang menetap di tanah melayu, baik itu di Malaysia, Singapura, ataupun Indonesia. Wanita peranakan umumnya dipanggil Nyonya dan bertanggung jawab mengurus rumah, dan tentunya urusan dapur. Akulturasi dua budaya ini kemudian melahirkan beberapa kuliner khas yang menggoyang lidah siapapun yang mencicipinya. Makanabis melakukan jelajah rasa dan  nggak heran jika makanan peranakan terasa homey banget, karena menu-menu tersebut memang hadir dari dapur rumah.

Di Surabaya, ada satu restoran peranakan yang dekorasinya cakep banget dan menyajikan beragam makanan peranakan, yaitu Nyonya Peranakan Cuisine. Restoran ini terletak di Food Junction Pakuwon Mall. Saat melangkah masuk, kita akan disambut oleh vibe yang melayu plus tionghoa banget. Lukisan wanita berkebaya merah yang memegang mangkok ayam adalah poin utama yang tertangkap mata saya. Menoleh ke sebelah kanan, makin banyak lukisan Nyonya berkebaya dengan warna yang kontras satu sama lain. Deretan cangkir dan piring kian apik menghadirkan suasana rumahan di restoran ini.

Saat Makanabis  duduk, di meja sudah tersedia QR code Meeber. Ternyata Nyonya Peranakan Cuisine sudah bisa self-ordering nih. Nggak pakai mikir lama, Makanabis  langsung ngeluarin hp dan buka aplikasi Meeberian. Tinggal scan, pilih menu, dan pas mau bayar, eh ternyata Nyonya Peranakan Cuisine punya kode voucher khusus Meeberian! Sebagai pengabdi diskonan, tentu Makanabis redeem tuh kode voucher. Lumayan kan, bisa pesan makan lebih banyak lagi.

Sempat bingung sih mau pesan makanan apa karena kayaknya enak semuaaaa. Setelah scroll Meeberian bolak balik akhirnya saya memilih laksa, fried tofu, es campur ABCD, dan nyonya tea ice. Yang bikin kaget, nyonya tea ice ini warnanya biru, wow! Usut punya usut, ternyata tehnya diambil dari ekstrak bunga telang yang aman banget untuk dikonsumsi tiap hari. Dari sekian menu yang Makanabis pesan, pilihan favorit saya jatuh ke laksa - soup isi seafood, tahu, dan toge yang rasanya asam pedas. Rempah laksa yang kaya membuat tiap seruput kuahnya penuh rasa, so satisfying! Kalian harus coba juga.

 

Over all, semua yang ada di Nyonya Peranakan Cuisine nggak ada yang mengecewakan. Anda bisa menikmati segala macam menu sehat yang memanjakan lidah, plus bisa bikin banyak konten karena dekorasi dan penyajian makanannya sangat menarik. Untuk yang butuh rekomendasi restoran untuk kumpul keluarga atau teman, tentu Nyonya Peranakan Cuisine jawabannya. Winona

 

Review Lainnya


Jangan Ngaku Penggila Kopi Kalau Belum Nyobain Gila Kopi

Jangan Ngaku Penggila Kopi Kalau Belum Nyobain Gila Kopi

Anda tipe orang yang nggak bisa "berfungsi" sebelum minum kopi? Tenang, Anda nggak sendirian kok. Ba...

Menu Kesukaan Barack Obama di Nasi Goreng 69

Menu Kesukaan Barack Obama di Nasi Goreng 69

Banyak masyarakat Indonesia yang menjadikan nasi goreng sebagai makanan favoritnya. Mengingat nasi a...

Ngidam Korean Food? Ke Kimchi-Go Aja!

Ngidam Korean Food? Ke Kimchi-Go Aja!

Sejak budaya korea masuk ke Indonesia, banyak orang keranjingan semua hal berbau korea. Mulai dari a...

Let's Get Rock and Rolling Bareng Chick'N Roll!

Let's Get Rock and Rolling Bareng Chick'N Roll!

Dari dulu sampai sekarang, menu ayam selalu jadi lauk idola. Digoreng, dibakar, digeprek, apapun wuj...

JELAJAH