5 Jenis Boba yang Ada Pada Minuman Bubble Tea

putri   16 Agustus 2019 Ragam

.

Sumber gambar: https://weheartit.com/entry/8061353

Pernah beli minuman bubble tea? Minuman bubble tea adalah minuman teh original atau teh berasa, yang diberikan topping berupa bola-bola bertekstur kenyal. Bola-bola kenyal ini disebut bubble, pearl atau boba. Akan tetapi, boba yang tersedia di kedai minuman bubble tea memiliki tampilan yang berbeda. Rasanya pun sedikit berbeda. Tim makanabis menyimpulkan terdapat 5 jenis boba yang biasa digunakan pada minuman bubble tea


.

1. Black boba

Sumber gambar: https://www.bukalapak.com/p/food/minuman/jfvv56-jual-terbaru-bubble-tapioca-pearl-size-1-kg-bubble-tapioka-topping-bubble-drink

Disebut juga dengan black pearl. Ini adalah jenis boba yang paling terkenal. Sesuai namanya, boba ini berwarna hitam. Ukurannya sedikit besar. Warna hitam ini berasal dari gula merah atau caramel pada proses pembuatannya. Ketika digigit, akan terasa tekstur yang kenyal seperti permen karet. Campuran gula merah atau caramel ini membuat rasanya bobanya menjadi manis. Black boba akan lebih cocok jika dipadukan dengan minuman dengan cita rasa yang enggak terlalu manis.


.

2. Clear boba

Sumber gambar: https://thethingswellmake.com/how-to-make-boba-tapioca-pearls-from-scratch/

Berbeda dengan black boba, clear boba tidak memiliki warna alias tranparan. Warnanya bening dan memiliki ukuran seperti mutiara. Teksturnya kenyal, namun tidak memiliki rasa. Hal ini dikarenakan boba ini tidak dicampuri dengan apapun, sehingga rasanya hambar. Alhasil, clear boba ini biasanya dipadukan dengan minuman yang cita rasanya manis. Biar seimbang gitu, deh.


.

3. Popping boba

Sumber gambar: https://www.tokopedia.com/zonapowder/popping-boba-strawberry-32kg

Kalau jenis boba lainnya memiliki tekstur kenyal, maka boba ini bisa ‘meledak’ di mulut. Boba ini berisi sirup dengan berbagai macam rasa. Ketika digigit, maka akan menimbulkan sensasi meledak di mulut. Sirup yang ada di dalam boba juga keluar dan membuat perpaduan rasa yang unik. Cara membuatnya pun berbeda dengan boba pada umumnya. Dalam pembuatannyamenggunakan teknik Molecular gastronomy. Sirup berasa tersebut dicampur bersama sodium alginat. Kemudian campuran tersebut dimasukkan ke dalam wadah berisi kalsium klorida. Tambahkan sesendok air, hingga membentuk gelembung.


.

4. Flavoured boba

Sumber gambar: http://www.goleadway.com/bossen/bursting-boba/

Sama seperti popping boba, flavored boba berisi sirup untuk menambah rasa. Rasanya pun beragam, seperti rasa buah-buahan. Warna bobanya pun beragam mulai dari warna kuning, warna merah, hingga warna hijau. Boba jenis ini biasa digunakan untuk topping smoothies atau the klasik. Warna bobanya bikin siapapun tertarik untuk mencicipinya!


.

5. Mini boba

Sumber gambar: https://www.yelp.com/biz_photos/sharetea-santa-ana-2?select=esyXPJG4tspAvgI7QEa8wQ

Ukuran boba bisa dibilang cukup besar. Kamu memerlukan sedotan dengan ukuran lubang yang besar, supaya boba bisa meluncur dengan lancar ke dalam mulutmu. Nah, ada juga lho boba yang ukurannya jauh lebih kecil dari boba biasa. Yup, mini boba. Teksturnya kenyal, namun tidak sekenyal boba biasa. Kamu akan lebih mudah untuk mengunyanya.

Dari lima jenis boba di atas, mana yang merupakan boba favorit kamu?

(putri aisya pahlawani)

 


Artikel Terkait