5 Tips Agar Tak Mewek Saat Potong Bawang Merah

andrew   20 Agustus 2019 Tips n Trick

.

Semua pasti kenal bawang merah karena hampir semua masakan Indonesia menggunakan bawang merah sebagai salah satu bumbu masakannya. Bawang merah pasti ada di dapur kita. Masakan jadi lebih sedap dan kaya rasa  jika ditambah bawang merah.

Saat memotong dan mengupas bawang merah, pasti mata menjadi perih bahkan sampai menangis. Kenapa demikian? Ternyata saat memotong dan mengupas bawang merah, saat mengenai mata, sensor syaraf yang ada akan bereaksi dan membuat mata berair. Hal itu dikarenakan kelenjar air mata teriritasi sehingga perih dan membuat menangis.

Rasanya kurang sedap jika masakan tidak dibumbui dengan bawang merah tetapi banyak orang enggan untuk mengupas dan memotong bawang merah karena dapat membuat perih mata tanpa alasan. Tetapi jangan khawatir, karena kali ini makanabis akan mengupas bagaimana menghalau keluarnya air mata saat mengupas dan memotong bawang merah.



Oles Talenan dengan Cuka

Sebelum memotong bawang merah, semprot talenan Anda dengan cuka yang telah dicampur dengan air. Dengan perbandingan 50:50.Campuran air dan cuka pada talenan diyakini dapat menahan penyebaran senyawa yang keluar dari bawang merah.


.

Dinginkan Bawang Merah

Dinginkan bawang merah sebelum dipotong, masukkan dalam lemari es beberapa saat. Proses pendinginan ini memperlambat reaksi kimia saat bawang dipotong. Rendam dulu bawang merah utuh yang sudah dikupas dalam air es sebelum dipotong.


.

Nyalakan Lilin

Nyalakan lilin di dekat talenan jika memotong bawang. Setidaknya memotong didekat api kecil seperti lilin. Senyawa sullfur akan bereaksi ketika ada suhu panas didekatnya.


.

Pilih Pisau Tajam

Pilih pisau yang tajam karena dapat mengurangi kerusakan pada dinding sel bawang. Mata tidak akan mengalami iritasi yang berlebihan.


Potong Dalam Air Mengalir

Memotong bawang merah di bawah air mengalir akan mencegah senyawa sulfur mencapai mata kita. Dengan demikian kita tidak akan menangis saat memotongnya. Itu tadi rahasia memotong dan mengupas bawang merah agar mata tidak perih dan mengeluarkan air mata. Agar acara memotong dan mengupas bawang merah menjadi kegiatan yang menyenangkan. Selamat mencoba. Paskalis Andrew/berbagai sumber


Artikel Terkait