7 Kuliner Khas Kota Solo. Wajib Hukumnya Untuk Cobain!

putri   12 Agustus 2019 Selera Nusantara

Apa yang kita lakukan ketika berwisata ke luar kota atau ke luar negeri? Selain beli oleh-oleh, biasanya para pelancong enggak akan lupa untuk wisata kuliner. Mencicipi kuliner khas di daerah yang dituju memang wajib hukumnya. Hal ini lantaran kemungkinan sajian tersebut akan sulit dicari di daerah lainnya. Kamu main ke kota Solo? Jangan lupa cobain kuliner khasnya di bawah ini!


foto: sarihusada.

Nasi Liwet

Ini merupakan kuliner asli daerah Baki, yang ada di kabupaten Sukoharjo. Nasinya terasa gurih seperti nasi uduk karena dimasak dengan kelapa. Lauk pendampingnya adalah ayam suwir, sayur labu siam dan disiram dengan areh. Areh dibuat dari santan yang sudah diberikan beberapa bumbu, sehingga rasanya menjadi gurih. Di Solo, sajian nasi liwet biasa dijadikan sebagai menu sarapan ataupun makan malam. Kamu bisa menemukan sajian nasi liwet dengan mudah di Solo, baik yang ada di restoran maupun tempat makan pinggiran.


.

 Selat solo

Wah, penampilannya seperti bistik yang merupakan hidangan eropa, ya? Memang makanan ini dipengaruhi oleh hindangan eropa. Meksi begitu, sajian ini termasuk hidangan khas Jawa. Terdiri dari daging sapi has luar, telur rebus, sayur rebus seperti buncis, kentang, tomat, selada mentimun, wortel, kol atau brokoli. Kemudian ditaburi keripik kentang dan diberikan mayonnaise. Daging has tersebut direbus dengan bumbu berupa bawang putih, cuka, kecap manis, pala, merica, dan sedikit air.


.

Timlo

Mau makan makanan berkuah ketika di Solo? Kamu bisa mencicipi Timlo. Timlo adalah sajian sup yang didalamnya terdapat kembang tahu, telur, ampela ayam, mihun dan daging ayam atau daging sapi. Terkadang juga ditambahkan dengan sosis solo yang bentuknya seperti dadar. Kuahnya cenderung bening, tidak terlalu kental atau encer, dan juga segar. 


.

Tengkleng

Bahan utama dalam sajian ini adalah tulang kambing. Awalnya tercipta karena adanya peraturan, dimana hanya orang Belanda saja yang boleh mengonsumsi daging kambing. Para pekerja hanya boleh mengonsumsi sisanya seperti bagian ceker atau tulang belulang. Tengkleng ini terlihat seperti perpaduan antara sup dan juga soto. Masakan ini tidak mengandung santan.


.

Sate Buntel

Kamu mau makan makanan serba kambing? Berarti kamu wajib cobain sate buntel. Satenya terlihat seperti sate khas Bali, yaitu sate lilit. Sate ini terbuat dari daging kambing cincang yang dibungkus dengan lemak kambing, lalu dibakar. Bumbunya sangat simpel, yaitu merica dan kecap manis. Rasanya sangat gurih karena lemak dan juga bumbunya. Biasanya di cocol di kecap manis plus cabai rawit. 


.

Gudeg Ceker

Kamu pasti sering mengonsumsi gudeg. Akan tetapi, bagaimana jika gudegnya menggunakan bahan utama berupa ceker? Yup, gudeg yang cukup hits di Kota Solo ini adalah gudeg ceker. Harganya memang cukup mahal, dan seporsinya akan mendapatkan 10 buah ceker. Bumbu gudegnya terlihat seperti bumbu opor. Dimakan sama nasi hangat plus teh hangat, mantap banget!


.

Soto Gading

Psst, jadi makanan langganan pak Presiden RI, Jokowi, ketika pulang kampung ke Solo! Soto ini penampilannya sedikit berbeda dengan soto pada umumnya. Kuahnya bening dan cukup kental. Ketika dilahap, akan terasa sedikit berminyak di mulut. Soto ini biasa disajikan dengan tempe, tahu, sate uritan, jeroan bahkan sate kerang! Menarik banget kan, pilihan kulinernya? Tidak akan puas deh kalau hanya mencoba satu macam saja. Jangan lupa dibungkus untuk oleh-oleh juga, ya! Putri Aisya P


Artikel Terkait