8 Khasiat Super Buah Surga

andrew   14 Agustus 2019 Khasiat

.

Anda pernah makan buah tin? Buah tin atau buah ara memiliki rasa yang sangat lezat. Buah ini termasuk buah yang jarang kita jumpai tetapi bukan berarti kita sulit untuk mencari dan mendapatkan manfaatnya karena sudah sebagian orang yang berusaha membudidayakannya.

Buah tin memiliki kandungan vitamin, mineral dan fitonutrien yang baik bagi tubuh. Buah tin mengandung fitonutrien dalam bentuk karotenoid yang sangat berguna sebagai senyawa antioksidan. Buah tin juga buah yang rendah kalori dan tidak memiliki kandungan lemak.

Khasiat dan manfaat buah tin diantaranya mengobati sembelit, gangguan pencernaan, diabetes, batuk, bronkitis, asma, disfungsi seksual,mencegah kanker, dan lain-lain. Buah ini juga dapat digunakan sebagai ramuan sehat penambah berat badan dan mempercepat pemulihan setelah sakit. Apa saja manfaat buah tin bagi kesehatan? Kali ini makanabis mengupas tuntas manfaat apa saja yang didapat jika mengkonsumsi buah tin secara teratur.


.

Cegah Sembelit & Kanker Kolon

Buah tin sering digunakan untuk mengatasi sembelit. Konsumsi buah tin secara rutin dipercaya dapat mencegah resiko kanker kolon. Buah tin memelihara sistem pencernaan secara keseluruhan. Membantu fungsi usus yang sehat dan mencegah sembelit serta menghilangkan diare dan buang air besar yang tidak teratur.

Mengatasi Anemia

Kurang darah atau anemia merupakan kondisi kurangnya kadar sel darah merah dalam tubuh. Cara menanggulanginya adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Buah tin mengandung zat besi dan multivitamin yang dapat membantu produksi sel darah merah.


Bisa dijadikan aneka olahan atau topping pizza.

Mencegah Penyakit Jantung Koroner Dan Hipertensi

Buah tin  mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi dapat memicu penyempitan pembuluh darah dan mengganggu kesehatan jantung. Selain itu juga dapat menurunkan tekanan darah karena adanya kandungan mineral dan senyawa lainnya.

Mengontrol Diabetes

Buah tin sebagai makanan berserat tinggi yang membantu mengendalikan kadar gula darah pada penyakit diabetes. Manfaat buah tin yang satu ini dikarenakan adanya kandungan potasium dan magnesium, yang membantu mengatur pelepasan insulin sehingga jumlah gula dalam darah dapat dikendalikan.


Pemanis dan perasa untuk bolu atau cake.

Menguatkan Tulang

Kandungan kalsium, kalium, dan magnesium, dan fosfor semuanya membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Menutrisi tulang dan mencegah tulang keropos. Anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan serta wanita menopause sangat dianjurkan mengonsumsi buah ini.

Meredakan Nyeri Tenggorokan

Kandungan lendir yang tinggi pada buah tin membantu menyembuhkan dan melindungi sakit tenggorokan. Sifat buah ini menenangkan sehingga  dapat menghilangkan rasa sakit dan stres pada pita suara. Selain itu juga dapat mengobati amandel.


Buah yang telah diolah menjadi manisan, populer di Turki

Stamina Seksual

Buah tin dianggap sebagai buah kesuburan dan suplemen seksual yang hebat. Bukan tanpa alasan, karena buah ini kaya akan kalsium, zat besi, kalium, dan seng. Juga kaya akan magnesium serta mineralpenting yang dibutuhkan untuk menghasilkan hormon seks, androgen dan estrogen.

Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan mineral dan multivitamin buah tin dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi. Buah tin sangat baik untuk menunjang sistem kekebalan tubuh yang kuat dengan memenuhi kebutuhan kalium, mangan, dan berbagai antioksidan. Ketika sistem imun kuat, maka ancaman infeksi bakteri, virus, dan cacing dapat ditangkal. Membantu menangkal radikal bebas yang dapat memicu kerusakan sel dalam tubuh.


.

Cara menggunakan buah tin dapat dimakan langsung atau diolah menjadi jus atau dicampur dengan buah lain menjadi salad. Buah tin dapat disajikan dalam bentuk kering ataupun segar, tetapi tetap sama-sama memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan.

Konsumsilah buah tin secara rutin dan jangan berlebihan karena buah tin juga dapat menimbulkan alergi bagi sebagian orang. Jadi konsumsilah buah tin secukupnya untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.  Paskalis Andrew


Artikel Terkait