Bahan Penyedap Pengganti Micin (Part 2)

andrew   21 Agustus 2019 Healthy Food

.

Boleh-boleh saja menambahkan micin atau penyedap pada masakan yang kita masak. Namun sebaiknya penambahan itu  tidak berlebihan atau dalam batas kewajaran agar tidak menimbulkan efek samping pada kesehatan. Saat ini sudah semakin banyak orang yang sadar akan bahaya micin bagi kesehatan.

Sejatinya tidak sulit untuk menggantikan atau setidaknya mengurangi , tetapi alangkah baiknya mengganti bahan penyedap berbahaya dengan alami. Semua ini untuk menghindari dampak buruknya bagi kesehatan, karena makanan akan kita konsumsi sepanjang hidup manusia samping yang buruk. Jagalah kesehatan lebih dini.


.

Saus Tiram

Saus tiram memiliki rasa gurih dan asin, lebih kental sedikit daripada kecap. Memiliki fungsi sebagai penambah rasa Menjadikan rasa gurih tambahan pada masakan. Biasanya cocok untuk penyedap rasa pada tumisan. Saus ini diproduksi dari ekstraksi dari tiram dengan proses panjang. Beberap masakan asia tidak pernah meninggalkan saus tiram sebagai penguat rasa masakan


.

Kaldu daging, Seafood atau Sayur

Sudah sejak zaman purba, kaldu baik daging, hewan laut dan sayur-sayuran menjadi pengaut rasa. Kaldu dapat dibuat sendiri dengan rebusan daging atau tulang ayam. Tambahkan daun seledri supaya makin gurih. Dengan rebusan kaldu ini masakan akan lebih sedap dan terasa gurih.


.

Jamur

Jamur mempunyai tekstur dan rasa mirip daging ayam. Jamur memiliki sifat menguatkan rasa pada masakan sehingga  dapat dijadikan alternatif pengganti micin. Cukup dengan menghaluskan jamur ditambah dengan bahan-bahan yang lain kemudian disangrai dan dicampur pada masakan, alhasil masakan akan terasa lebih sedap.


.

Ikan Teri

Ikan teri memiliki aroma dan rasa gurih alami dan biasa digunakan untuk tambahan membuat kaldu sup atau langsung dijadikan tambahan masakan tumisan. Cukup tambahkan ikan teri yang digoreng terlebih dahulu kedalam masakan niscaya rasa masakan akan lebih gurih dan sedap. Rahasianya jangan memasak ikan teri terlalu lama, karena bisa merusak cita rasanya, selain menjadi keras, ikan teri akan mengeluarkan rasa yang cenderung pahit.


.

Petis

Petis terbuat dari ikan, udang dan jenis seafood yang lain. Merupakan penyedap alami khas Indonesia. Petis hanya dapat ditambahkan pada masakan tertentu saja. Tambahkan sedikit petis saja maka masakan akan terasa gurih dan sedap. Masakan Indonesia, Vietnam dan Thailand banyak sekali yang menggunakan petis.

Nah, sudah tahu kan bahan-bahan alami apa saja yang dapat dipakai sebagai pengganti micin?. Paskalis Andrew(habis)/berbagai sumber


Artikel Terkait