Bahan Penyedap Pengganti Micin (Part1)

andrew   20 Agustus 2019 Healthy Food

.

Micin atau yang biasa kita kenal dengan istilah MSG, kerapkali dipakai sebagai penyebutan penyedap rasa pada makanan. MSG sebagai penguat cita rasa karena mampu menyempurnakan rasa. Memasakakan lebih mantap rasanya jika ditambah dengan micinataupenyedap rasa. Kurang afdol rasanya jika memasak tidak menambahkan micin. Rasa masakan jadi lebih gurih dan sedap. Banyak anggapan jika terlalu sering menggunakan micin dapat berpengaruh pada kesehatan kita terutama dapat berpengaruh pada penyakit otak. Tapi mungkinkah micin dapat diganti dengan bahan makanan yang lain sebagai pengganti penyedap rasa? Ternyata mungkin, ada beberapa bahan makanan yang memiliki rasa gurih alami. Makanabis menurunkan laporannya berikut ini: 


.

Bawang

Hampir semua masakan Indonesia menggunakan bawang. Baik itu bawang merah maupun bawang putih. Penggunaan bawang merah biasanya lebih banyak daripada bawang putih. Hal ini dikarenakan bawang putih lebih memiliki aroma dan cita rasa yang lebih kuat. Dengan menambahkan bawang sedikit saja pada masakan akan membuat aroma dan rasa masakan terasa lebih sedap.


.

Garam

Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang selalu digunakan untuk membuat masakan menjadi lebih sedap. Tanpa garam, masakan akan terasa hambar. Garam adalah penyedap alami yang  paling efektif menjadikan makanan sedap. Untuk menjadi lebih sedap harus ditambah dengan bumbu-bumbu atau rempah-rempah yang lain sebagai faktor penunjang.


.

Keju

Tidak hanya mengandung banyak nutrisi ternyata keju bisa dijadikan bahan penyedap alami pengganti micin. Rasa asin keju itulah yang menjadi bahan pengganti micin. Tambahkan keju parut pada masakan tanpa harus ditambah garam lagi. Biasanya keju dapat ditambahkan pada masakan sup agar sup gurih dan creamy.


.

Terasi

Terasi atau belacan biasanya terbuat dari ikan atau udang rebon yang difermentasikan. Dengan aroma dan rasanya yang khas. Terasi biasa ditambahkan pada masakan untuk membuat citarasa yang gurih. Baunya sangat menyengat tetapi ketika diolah dengan bahan-bahan lain akan memunculkan aroma khas yang unik dan menggugah selera serta menambah gurih makanan. Tambahkan secukupnya saja agar masakan terasa sedap.


.

Kecap Asin

Kecap asin merupakan hasil fermentasi bahan nabati atau hewani berprotein tinggi dalam larutan garam. Kecap asin dengan warnanya yang coklat, berbau khas dengan rasa asinnya dapat mempersedap masakan. Tambahkan kecap asin agar rasa makanan terasa lebih gurih. Paskalis Andrew/bersambung


Artikel Terkait