Berwarna-Warni, 8 Jajanan Khas Indonesia yang Mencuri Perhatian

putri   20 Agustus 2019 Selera Nusantara

Foto:cookpad

Beberapa jajanan  khas Indonesia berwarna kecokelatan. Terkadang hanya karena faktor penampilan, jadi kalah dibandingkan jajanan dari luar negeri. Alhasil banyak orang, terutama anak muda, kurang tertarik untuk mencicipinya. Padahal jajanan khas Indonesia juga ada yang memiliki warna menarik, lho. Berwarna-warni dan membuat siapapun yang melihatnya jadi ingin mencicipinya. Makanabis membagi 8 jajanan yang paling warna-warni di Nusantara.


foto:ibudanmama

Getuk Lindri

Jajanan yang terbuat dari ketela pohon atau singkong, yang berbentuk garis-garis dan berwarna-warni. Warna jajanan ini mulai dari warna hijau muda, cokelat, pink hingga kuning. Cita rasanya manis, dan disajikan dengan taburan kelapa di bagian atasnya. Warnanya yang kalem, bikin siapapun tertarik mencicipinya.


foto:atmago

Cenil

Jajanan ini bisa berbentuk kotak ataupun bulat dan ditusuk menyerupai sate. Disajikan dengan taburan kelapa parut serta gula pasir. Teksturnya kenyal dengan rasa yang manis dan gurih. Di beberapa tempat, terkadang dituang dengan gula merah cair. Dari kejauhan terlihat seperti permen manis!


foto:cookpad

Kue Pepe

Bisa juga disebut dengan kue lapis yang berbahan dasar dari sagu. Kue pepe ini memiliki banyak sekali lapisan. Cara memakannya pun unik, yaitu dengan mengelupasnya lembar demi lembar. Warnyanya beragam, mulai dari hijau hingga warna pelangi. Teksturnya kenyal dan terasa manis. 


foto:cookpad.

Kue Mangkok

Terlihat seperti roti kukus, namun sebenarnya berbeda. Teksturnya lebih lengkat dan bantet. Berbeda dengan roti kukus yang teksturnya adalah roti. Rasanya manis dan memiliki warna yang colorful. Enggak heran, banyak anak kecil yang tertarik dengan kue mangkok ini. Warna favorit tim makanabis sih yang warna pink. Unyu!


foto:infomakan.

Carabikang

Berbahan dasar tepung beras, jajanan ini adalah khas kota Malang. Bentuknya merekah seperti bunga, dengan warnanya yang cantik. Kue carabikang tersedia dengan warna hijau, cokelat, pink, atau campuran dari semua warna tersebut. Teksturnya berserat menyerupai tekstur kue bikang. Ketika dicicipi, akan terasa manis. 


foto:cookpad.

Putu Mayang

Mungkin beberapa orang mengira jika kue ini adalah kerupuk. Secara tampilan, memang mirip sekali dengan kerupuk. Padahal tesksturnya sangat berbeda jauh dengan tekstur kerupuk. Teksturnya kenyal, dan berbentuk seperti gulungan mie. Biasa disajikan dengan siraman kuah santan, yang membuat rasanya manis.


foto:sajiansedap

Kue ku

Kue ku, kue tok atau kue kura-kura merah ini adalah jajanan yang memiliki tampilan berwarna merah menyala, yang terbuat dari tepung beras ketan dan ubi jalar. Bagian dalamnya diisi dengan kacang hijau atau kacang tanah dan gula. Sekarang kue ku ini bisa dibentuk menjadi seperti buah-buahan. Ini tentu menarik perhatian banyak orang, terutama anak-anak. Dari kejauhan mungkin kue ini terlihat seperti cookies atau permen.


.

Sale anggur

Jajanan ini mungkin bisa menarik perhatian anak-anak. Dinamakan sale anggur karena sebenarnya jajanan ini terbuat dari pisang, yang dibentuk menjadi bulat, dan dirangkai seperti bentuk buah anggur. Anak-anak akan mengira jika jajanan ini adalah permen. Beberapa orang dewasa yang belum pernah mencoba, mungkin akan tertarik mencicipinya. Warnanya beragam, mulai dari ungu, biru, pink hingga kuning!

Penampilan itu memang bukan satu-satunya penentu kelezatan dari jajanan. Akan tetapi, penampilan mampu menjadi daya tarik supaya banyak orang ingin mencicipinya. Jajanan khas Indonesia apa yang bikin kamu tertarik, karena tampilannya yang berwarna-warni?

(putri aisya pahlawani)


Artikel Terkait