Bunga Rosella, dari Jawa Ke Seluruh Dunia

andrew   14 Agustus 2019 Khasiat

.

Bunga dengan nama latin Hibiscus sabdariffa yang biasanya disebut dengan bunga Rosella atau asam paya. Sedangkan di negara lain, rosella memiliki nama lain seperti pundi, gongura, dagu baung, kreajab, wonjo, sorrel, luo shen hua, omutete, flor de jamaica, karkade, dan lainnya.

Ada sumber yang menyatakan tanaman ini berasal dari benua Afrika. Ada juga yang mengatakan bunga ini berasal dari India yang ikut terbawa ke Nusantar pada abad ke-14. Yang pasti Pada 1576 tanaman ini ditemukan di halaman sebuah rumah di Pulau Jawa. Oleh seorang ahli botani asal Belanda bernama M. de L’Obel. Menemukan ccara memanfaatkan bunga Rosella. Kemudian tanaman ini berkembang keseluruh dunia seperti Sudan, Mexico, Jamaica, Brazil, Panama, hingga beberapa negara bagian Amerika dan Australia. 


Bunga Rosella segar dimanfaatkan menjadi berbagai bentuk makanan seperti puding, campuran salad, hingga selai dan sirup. Bunga Rosella yang kering pada akhir-akhir sangat populer dimanfaatkan dengan cara diseduh seperti teh.Selain rasanya yang enak, Bunga rosela mengandung beberapa vitamin di antaranya adalah vitamin C, vitamin B3, vitamin B9. Selain vitamin, bunga rosella juga banyak mengandung beberapa jenis mineral seperti zat besi, kalsium, seng, natrium, fosfor, magnesium, dan kalium. Rosella juga kaya akan kandungan antosianin yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kali ini makanabis akan membagikan khasiat dari bunga rosella: 


.

Mengatasi Infeksi dan Peradangan

Dalam bunga rosella memiliki Kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C dapat mengobati beberapa penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau adanya peradangan. Selain itu, kandungan vitamin C ini juga bersifat antibakteri dan antiinflamasi. 

Mencegah Tumor dan Kanker

Tak hanya memiliki vitamin C yang tinggi, namun juga dengan zat antioksidan dan antikarsiogenik yang dimana kedua zat ini dapat mencegah terjadinya tumor dan kanker.

 Menurunkan berat badan

Bagi anda yang memiliki masalah dengan berat badan dan anda ingin menurunkan berat badan. Mungkin anda harus mencoba teh rosella sebagai teh pelangsing. Hal ini dikarenakan Bunga rosella bisa menghambat produksi amilase sehinga akan menurunkan penyerapan glukosa dan pati. Jika penyerapan glukosa dan pati mengalami penurunan maka ini bisa menurunkan asupan kalori pada tubuh dan pada akhirnya bisa mengurangi berat badan Anda.

Merangsang Menstruasi

 Manfaat rosella yang lain yaitu dapat merangsang menstruasi. Hal ini dikarenakan Bunga rosella dapat memengaruhi hormon estrogen yang dapat merangsang terjadinya menstruasi. 

 Itulah manfaat dari bunga rosella. Dengan catatan tidak mengkonsumsi bunga rosella secara berlebihan dan melakukan aktivitas yang sehat.  


.

Teh Bunga Rosella 

Bahan:

1/4 gelas Bunga rosella

gula secukupnya

1 cangkir air panas

kayu manis atau mint (pilihan)

Cara Membuat:

Larutkan bunga rosela dan gula bersama sedikit air hangat. Anda bisa mencampurkan kayu manis atau mint jika Anda menyukainya. Biarkan selama beberapa menit hingga air berubah warna menjadi kemerahan. Teh hangat rosela yang nikmat siap dinikmati.  Paskalis Andrew 


Artikel Terkait