Bunga Telang, Si Cantik Obat Aneka Penyakit

andrew   22 Agustus 2019 Khasiat

.

Bunga telang adalah tumbuhan merambat yang banyak dijumpai di pekarangan atau di tepi hutan. Bunga ini ditanam di pekarangan sebagai tanaman hias karena bunganya berwarna biru terang. Di Banyak Negara, bunganya digunakan sebagai pewarna alami makanan atau kue.

Pembudidayaan bunga ini cukup mudah yakni dengan menggunakan bijinya yang mirip kedelai yang tua dan kering untuk disemaikan. Rambatkan pada pagar rumah untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup. Bunga telang dapat dijadikan teh. Teh tersebut berwarna biru. Cara mengkonsumsinya biasanya dicampur dengan lemon dan madu. Teh bunga telang adalah minuman sehat yang memiliki banyak manfaat. Konsumsi teh ini secara teratur merangsang tubuh membakar kalori dan meningkatkan metabolisme. Dianjurkan untuk meminum teh ini dua kali sehari.

Selain itu, bunga telang memiliki beberapa efek yang menakjubkan untuk masalah kesehatan. Banyak sekali manfaat bunga telang dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Apa saja manfaat bunga telang yang lain? Makanabis akan kupas tuntas pada kesempatan kali ini.


.

Mengobati Batuk dan Infeksi Tenggorokan

Khasiat bunga ini tak hanya pada bunganya saja tetapi juga dengan akarnya yang biasa digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meredakan batuk. Rempah dari bubuk akarnya dapat menyembuhkan gangguan asma. Bunga telang dipercaya dapat mengobati infeksi tenggorokan, terutama bagi para perokok. Caranya menggunakan air rebusan akar bunga telang sebagai obat kumur.


.

Mengobati Bisul dan Jerawat

Dengan menumbuk bunga telang yang dicampur dengan gula jawa, diyakini dapat menyembuhkan bisul maupun jerawat. Balurkan hasil tumbukan tersebut pada daerah yang bisulan atau jerawatan. Lakukan cara ini hingga sembuh.

Menyembuhkan Mata Merah

Hanya dengan merendam beberapa kuntum bunga telang dalam segelas air hingga air berubah warna menjadi biru. Bunga ini dipercaya mampu membantu penglihatan lebih cerah dan mata kembali bersih. Jadikan air rendaman tersebut sebagai obat pencuci mata.


.

Detoksifikasi

Jika dijadikan teh, bunga telang dapat dimanfaatkan untuk penghilang racun dalam pencernaan kita. Minumlah secara rutin ramuan bunga telang ini dengan cara menyeduh bunga telang sebanyak 2-3 kuntum dengan air panas. Untuk menambah cita rasa, tambahkan perasan jeruk lemon dan madu.

Menghitamkan Rambut

Bunga ini dapat menguatkan dan menghitamkan rambut. Caranya dengan mengambil beberapa bunga kemudian dihancurkan sampai halus, setelah itu usapkan pada rambut sampai merata. Biarkan beberapa menit, setelah itu bilas rambut dengan shampoo.


Melancarkan Menstruasi

Ramuan herbal bunga telang dapat mengobati masalah infertilitas dan masalah menstruasi yang tidak lancar. Untuk mengatasinya bisa menggunakan akar bunga telang yang direbus dan minum secara teratur. Ramuan ini juga dipercaya bisa mencuci darah. Sudah kenal kan dengan manfaat bunga telang yang lain. Dari bunga hias menjadi sahabat herbal kita. Paskalis Andrew/berbagai sumber


Artikel Terkait