Daging Kuda, Ransum Rahasia Pasukan Napoleon

andrew   15 Agustus 2019 Food Story

Pasukan Napoleon tak membuang kuda yang jadi korban perang.

Hewan yang memiliki nama latin Equus caballus atau Equus ferus caballus yang biasanya kita sebut dengan kuda. Merupakan hewan berkaki empat yang sering digunakan manusia sebagai kendaraan pada jaman dulu. Kuda sendiri memiliki fisik yang kuat yang memungkinkannya untuk berlari dan menarik beban yang cukup berat. Tak hanya tenaganya yang digunakan namun dagingnya pun dapat diolah menjadi makanan.

Makanan dari olahan daging kuda populer di era 1800-an. Ketika itu komadan perang pasukan Napoleon Bonaparte, yaitu Baron Dominique-Jean Larrey mengusulkan agar kuda-kuda mati di medan perang agar dimanfaatkan sebagai ransum prajurit.

Daging kuda mulai menjadi makanan keseharian masyarakat Prancis, terutama pada krisis keuangan 1866. Masakan daging kuda juga sanga populer di Jepang. Ada menu bashimi, yang cara mengonsumsinya mirip sashimi. Daging kuda muda mentah dicelupkan pada saus shoyu.

Rasa daging kuda sangat khas, seperti perpaduan sapi dan rusa. Seperti hewannya yang perkasa, serat daging kuda sangat banyak dan rasanya manis. Daging kuda  muda berwarna lebih terang dan empuk. Sebaliknya yang tua lebih alot dan warnanya kegelapan.  Daging kuda dipercaya memiliki banyak khasiat dan gizi yang baik untuk kesehatan manusia.  Semua manfaat dading kuda makanabis akan ulas berikut ini: 


Menyembuhkan Pegal Linu

Apakah anda sering mengalami pegal linu ? jika iya, coba makan daging kuda. Karena didalam 100 gram daging kuda mengandung 3,82 mg zat besi. Zat besi ini lah dapat menghilangkan pegal linu pada tubuh kita. Selain itu, zat besi juga dapat membuat sistem kekebalan tubuh kita semakin baik.

 Menyembuhkan Epilepsi

Epilepsi atau sering disebut ayan adalah gangguan pada system syaraf pusat akibat pola aktivitas listrik pada otak yang tidak normal. Epilepsi juga susah disembuhkan dengan menggunakan obat-obatan. Namun, dengan mengkonsumsi daging kuda, maka epilepsi dapat disembuhkan. Megkonsumsinya pun tidak boleh secara berlebihan agar mendapatkan hasil yang maksimal. 


.

 Menambah Stamina  

Daging kuda dipercaya dapat menambah stamina tubuh. Daging kuda ini lebih banyak dikonsumsi oleh para laki-laki. Kandungan protein yang cukup tinggi dibandingkan dengan daging sapi dan daging ayam membuat daging kuda ampuh menambah energi tubuh kita.

 Mengobati Rematik

Rematik merupakan salah satu gejala penyakit seperti serangan mendadak terasa seperti tertusuk-tusuk di bawah kulit. Rematik umumnya terjadi di sekitar tangan dan kaki. Rematik biasanya menyerang tubuh manusia karena gaya hidup yang tidak sehat. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena daging kuda dapat membantu mengatasinya. Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsilah daging kuda secara teratur dan tidak berlebihan. 


.

Menjaga Kolesterol

Dalam 100 gram daging kuda hanya mengandung 50-60 mg kolesterol. Angka ini lebih rendah dibandingkan dengan daging ayam dan daging sapi. Kandungan kolesterol yang rendah pada daging kuda dipercaya cocok untuk menjaga kestabilan kolesterol pada tubuh kita. 

Menu Diet

Bagi anda yang memiliki masalah berat badan dan ingin melakukan diet. Anda harus masukan daging kuda dalam menu diet. Karena daging kuda memiliki kandungan lemak yang rendah dibandingkan dengan daging sapi atau daging ayam, yang membuat daging kuda cocok untuk menu diet. Mengkonsumsi daging kuda tidak akan membuat tubuh kita menjadi gendut.  Paskalis Andrew - 


Bashimi, olahan daging kuda asal Jepang.


Artikel Terkait