Daun Kenikir Penjinak Sel Kanker

andrew   15 Agustus 2019 Khasiat

Masyarakat Jawa mengolah kenikir sebagai pelengkap pecel atau lalapan. Daun ini juga seringkali dipakai dalam olahan urap-urap dengan rasa yang lezat.  Kenikir banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional. Sayuran ini dapat digunakan sebagai penyedap dan perangsang nafsu makan.

Belum banyak yang tahu jika kenikir memiliki khasiat yang luar biasa.Walaupun sebenarnya, tanaman ini telah digunakan selama berabad-abad untuk untuk keperluan pengobatan di berbagai belahan dunia.

Kenikir dipercaya dapat menjinakkan sel-sel kanker jika dikonsumsi secara teratur. Selain itu dapat menjaga kesehatan peredaran darah, dan mengurangi efek penuaan karena tingginya kandungan nutrisi dan antioksidan yang terkandung didalamnya.Selain itu masih banyak manfaat kenikir yang lain. Simak kupas tuntas Makanabis tentang manfaat kenikir:


.

Memperkuat Jantung  Lemah

Kandungan antioksidan dan flavonoid pada kenikir dapat memperbaiki sel-sel yang rusak. Senyawa flavonoid bermanfaat melancarkan aliran darah dengan cara memperkuat otot jantung dan pembuluh darah untuk mengalirkan darah. Cukup rebus 5 lembar daun kenikir dengan 250 ml air, minumlah air rebusan tersebut 2 kali sehari.


.

Meningkatkan Sistem Imun

Daun kenikir mengandung banyak vitamin A dan E yang sangat baik untuk imunitas tubuh.  Kandungan protein di dalamnya dapat membantu pembentukan fagosit, yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C di dalamnya juga terbukti membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Menguatkan Tulang

Kenikir mengandung kalsium, mineral dan magnesium yang tinggi yang bermanfaat untuk menguatkan tulang. Sangat baik jika dapat diterapkan pada anak-anak saat masa pertumbuhan sehingga dapat membantu pertumbuhan tulang yang maksimal.Kenikir dapat dikonsumsi langsung sebagai lalapan atau dapat juga dengan cara minum rebusan daun kenikir untuk mendapatkan manfaatnya.


Obat Bau Mulut

Daunnya dapat dikonsumsi mentah yang sebelumnya dicuci bersih, dikunyah-kunyah lalu berkumur untuk membunuh kuman penyebab bau mulut. Atau direbus dengan garam sebagai obat kumur. Daun kenikir mengandung koniferil alkohol yang dapat membersihkan area lidah dan air ludah dari bakteri penyebab bau mulut.

Pengobatan Cuci Darah

Memiliki kandungan vitamin E, antioksidan dan flavonoid yang bermanfaat menetralkan racun pada darah. Kenikir memiliki khasiat membersihkan darah dan menetralisir racun dalam darah, daun kenikir dapat dikategorikan sebagai bahan alami pencuci darah tradisional.


.

Penambah Nafsu Makan

Bagi Anda yang memiliki anak susah makan, berikan rebusan daun kenikir pada anak Anda agar nafsu makannya meningkat. Hal ini dikarenakan kandungan kuersetin pada kenikir yang mampu meningkatkan nafsu makan. Selain itu juga dapat mengembalikan stamina tubuh setelah operasi.

Maag dan Gangguan Lambung

Manfaat daun kenikir lainnya adalah sebagai obat maag dan gangguanlambung. Kandungan zat tokoferol, pholyphenols, dan hydroxiugfenol dalam daun kenikir terbukti dapat menetralisir kadar asam lambung.Zat-zat ini juga mampu menguatkan otot di lambung.

Nah, itulah segudang manfaat daun kenikir bagi kesehatan. Daun kenikir sangat aman dikonsumsi bagi siapa saja dan berapapun jumlahnya. Tidak ada salahnya kita mencoba lebih awal demi menjaga kesehatan kita. Paskalis Andrew/berbagai sumber


Artikel Terkait