Deretan Jajanan Indonesia yang Berbalut Daun (Part 2)

putri   13 Agustus 2019 Selera Nusantara

Foto:cookpad

Apakah kamu sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul “Deretan makanan Indonesia yang berbalut daun part 1”? Di artikel tersebut ditampilkan beberapa jajanan Indonesia yang bentuknya dibalut dengan daun. Ternyata masih ada banyak jajanan lainnya yang dibungkus menggunakan daun, lho!


Foto:cookpad

Lepet Jagung

Sesuai namanya, jajanan ini berbahan dasar jagung. Jagung diparut, kemudian dicampurkan dengan parutan kelapa, vanili, garam, gula pasir dan juga santan. Proses pembuatannya mirip dengan lemet, namun berbeda dari bahan baku yang digunakan. Jajanan ini kemudian dibungkus dengan kelobot, sejenis daun pembungkus dari tongkol jagung. Tekstur kelobot lembut, tipis dan halus. 


foto:tastemade

Lalampa

Lalampa ini adalah jajanan khas manado. Bentuknya mengingatkanmu pada lemper, akan tetapi beda isian. Untuk lalampa, bahan yang digunakan sebagai isian adalah ikan cakalang. Jajanan ini dibungkus dengan daun pisang dan kemudian diolah dengan cara di bakar. Lalampa biasa dijadikan sebagai kudapan atau makanan ringan pengganjal perut.


foto:cookpad

Lemet Singkong

Bahan baku utama yang digunakan adalah singkong. Bahan lainnya adalah kelapa dan juga gula. Sederhana, ya? Teksturnya cukup lengket, dengan cita rasa yang manis legit. Rasa manisnya ini didapatkan dari gula merah. Tampilan kuenya berwarna kecokelatan dan dibungkus dengan daun pisang.


foto:istw

Kue Bugis

Meskipun namanya kue bugis, tapi kue ini bukan berasal dari daerah Bugis, Sulawesi Selatan, lho. Kue ini adalah kue khas Betawi. Terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan santan, kue bugis memiliki banyak warna. Mulai dari warna putih hijau, dan hitam. Ketika digigit, didalamnya akan terdapat isian berupa centi. Centi adalah ampas kelapa yang dimasak dengan gula merah, sehingga warnanya kecokelatan. Teksturnya kenyal dan rasanya legit. Jajanan ini kemudian dibungkus dengan daun pisang, lalu dikukus. 


foto:cookpad

6. Carang gesing

Jajanan serba pisang ini adalah jajanan khas Solo. Kue ini berbahan dasar pisang yang dicampurkan dengan telur dan juga santan. Selain isiannya menggunakan buah pisang, pembungkusnya pun menggunakan daun pisang. Rasanya tentu menjadi legit dan beraroma khas pisang banget. 


.

 Arem-arem

Mirip lemper, ya? Akan tetapi, jajanan ini memiliki ukuran yang lebih besar dari lemper. Isiannya pun berbeda. Isian dari jajan arem-arem adalah nasi, sayuran dan juga sambal goreng, yang kemudian dibungkus dengan daun pisang. Biasanya sebelum dibungkus daun pisang, sebelumnya akan dibalut dulu dengan telur dadar tipis.

Ternyata banyak juga ya, jajanan indonesia yang tampilannya berbalut daun, terutama daun pisang. Masih ada lagi enggak ya, kira-kira jajanan yang kemasannya berbalut daun?


Artikel Terkait