Fenomena Minuman Es Kopi Kekinian

putri   15 Agustus 2019 Inspirasi

Foto:malangtoday.

Coba hitung, ada berapa banyak kedai es kopi kekinian di daerah atau kota dimana tempat kamu tinggal? Mungkin ada lebih dari tiga kedai es kopi kekinian yang bisa kamu temukan. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali kedai es kopi kekinian yang bermunculan. Membuat para konsumen merasa tak pernah kehabisan tempat baru untuk mencicipinya. Apa yang spesial dari minuman ini? Hanya kopi yang diberikan es. Bikin di rumah juga bisa, kan? Sayangnya, bukan itu yang membuat es kopi kekinian ini jadi spesial, khususnya di mata anak-anak muda yang kekinian. Nah, kali ini  Makanabis akan mencoba membahas mengenai fenomena minuman es kopi kekinian yang sangat hits saat ini.


.

Dulu kopi mungkin dikenal sebagai minuman ‘sakti’, yang hanya boleh dinikmati oleh orang dewasa. Selain karena efeknya yang cukup kuat untuk membuatmu terjaga semalaman, rasanya juga pahit. Belum ada variasi tertentu yang membuat rasanya cocok di lidah anak muda. Alhasil, mereka mungkin lebih memilih untuk mengonsumsi teh ataupun susu dengan beragam rasa. Kopi juga merupakan minuman yang biasa, karena tampilannya yang kurang menarik. Berwarna hitam, dan diseduh di dalam gelas atau cangkir. Apanya yang spesial?


foto:unsplash

Kemudian mulai masuknya gerai kopi yang merupakan usaha asing, ke Negara Indonesia. Gerai kopi tersebut memiliki interior yang memang sengaja dibuat sangat cozy, yang bertujuan untuk membuat para konsumen tertarik untuk datang dan betah berlama-lama disana. Menu kopinya pun berbeda. Bisa dibilang mungkin hanya difahami dengan baik oleh orang Indonesia yang sering berpergian ke luar negeri. Menu kopi tersebut sangat beragam, dibedakan dari cara pembuatannya, penyeduhan dan komposisi di dalamnya. Sebut saja menu espresso, cold brew, latte dan sebagainya.

Harganya pun sangat mahal.Membuat beberapa orang yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa, hanya bisa menelan ludah untuk bisa mencicipinya. Kecuali kalau mereka ingin nekat dan merogoh kocek lumayan mahal. Harganya bisa dibanderol hingga 50 ribu rupiah. Harga yang cukup besar bagi anak-anak muda, hanya untuk membeli segelas kopi. Alhasil kopi-kopi dari gerai tersebut hanya bisa dinikmati oleh kalangan atas, atau mereka yang punya cukup banyak uang untuk menikmati segelas kopi dengan harga yang mahal.


foto:kompas

Atas kesenjangan inilah, mungkin yang membuat bisnis kopi yang serupa namun dengan harga yang lebih murah mulai bermunculan. Sasarannya tentu saja anak-anak muda yang masih berstatus pelajar ataupun mahasiswa. Harganya pun disesuaikan dengan kemampuan budget mereka, seperti 20 ribu rupiah per gelasnya. Pilihan menunya pun beragam dan enggak kalah menarik dari gerai kopi yang mahal. Lantas, mengapa anak-anak muda tersebut tidak membuat es kopi sendiri di rumah menggunakan kopi sachet? Apalagi sekarang kopi sachet juga mulai memiliki banyak variasi kopi, seperti kopi susu. Sepertinya usaha es kopi kekinian ini enggak bisa dimatikan, hanya karena kemudahan untuk bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahkan bisa dibilang, semakin lama semakin banyak bermunculan kedai es kopi kekinian di Indonesia. 


Foto:tribunews

Semakin menjamurnya bisnis es kopi kekinian ini, juga disebabkan karena ‘dukungan’ yang diberikan oleh anak-anak muda. Kedai minuman es kopi seakan enggak pernah terlihat sepi dari para konsumennya. Meminum es kopi kekinian seakan sudah menjadi gaya hidup bagi anak muda. Coba perhatikan, deh. Kedai atau café dimana es kopi tersebut di jual, biasanya dibuat menjadi tempat yang instagramable dan cozy. Selain itu, café es kopi kekinian telah menjadi tempat berkumpulnya anak-anak muda yang kekinian. Alhasil itu menjadi kebutuhan untuk eksis atau menciptakan status sosial “ini loh, aku anak muda. Minum es kopi kekinian, di tempat yang kekinian, bersama dengan anak-anak muda yang kekinian”. Tampilan dari minuman dan juga gelasnya pun bisa dibilang instagramable.

Kini, anak muda pun bisa menikmati kopi seperti orang dewasa lainnya. Tentunya dengan rasa dan juga ‘gaya’ yang berbeda.


Artikel Terkait