Reaksi Tubuh Akibat Kebiasaan Makan yang Buruk

putri   22 Agustus 2019 Ragam

Tubuh akan menjadi sehat apabila kita memiliki kebiasaan makan yang sehat, seperti mengonsumsi makanan yang bergizi. Kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, akan segera terpenuhi dengan makanan sehat yang dikonsumsi. Bagaimana jika kita memiliki kebiasaan makan yang tidak sehat? Terlalu banyak mengonsumsi junk food, terlalu banyak makan makanan manis serta kurang konsumsi buah dan sayur, adalah contoh kebiasan makan yang buruk. Tubuh biasanya akan ‘protes’ dan menunjukan gejalanya.


.

Mudah Lelah dan Tak Berenergi

Apakah kamu menjadi mudah lelah dan tidak berenergi? Hal ini bisa disebabkan karena kamu kekurangan atau bahkan kelebihan kandungan tertentu, pada makanan yang kamu konsumsi. Terlalu banyak megonsumsi karbohidrat kompleks akan membuatmu menjadi mudah lelah, meski pada awalnya akan meningkatkan kadar insulin tubuh. Kekurangan zat besi membuat tubuh tidak memiliki energi untuk beraktivitas. Alhasil rasanya capek melulu!


.

Luka Lama Untuk Sembuh

Ketika terluka, tubuh kita memiliki kemampuan yang secara alami akan menutup luka dengan segera. Kemampuan alami ini dikarenakan tubuh memiliki protein dan vitamin C, dimana kandungan ini mampu mempercepat proses penyembuhan. Jika kekurangan nutrisi tersebut maka proses penyembuhan secara alami oleh tubuh akan sangat lamban. Alhasil, lukanya enggak sembuh-sembuh, deh.


.

Gangguan Pencernaan

Serat adalah kandungan yang sangat dibutuhkan oleh pencernaan. Serat bisa kamu dapatkan dari buah-buahan segar, gandum, oat ataupun sayuran hijau yang mengandung air. Kekurangan serat, akan membuatmu susah BAB alias sembelit. Jika kamu mulai merasa sembelit, cobalah untuk menganalisa pola makanmu. Sudah sehat, belum? Selain sembelit, tanda-tanda lainnya bisa seperti nyeri atau mulas.


.

Kerontokan Rambut

Suka makan junk food, tanpa mengonsumsi sayuran segar? Hati-hati, karena mampu membuat rambuyt mengalami kerontokan. Kekuatan akar rambut memerlukan zat besi, dimana dia akan memproduksi sel darah merah, dan membawanya oksigen dalam darah. Rambut rontok terus dan makin menipis. Makanlah sayuran hijau seperti kangkung, bayam, sawi, paprika, buncis atapun selada.


.

Kulit Bermasalah

Tahukah kamu jika pola makan yang tidak sehat, mampu membuat kulit menjadi kusam? Kalau kamu mendambakan kulit sehat nan lembab, kamu harus mengonsumsi makanan yang memenuhi kebutuhan kulit. Contohnya adalah makanan yang mengandung vitamin A, C, D dan juga antioksidan.

 Jika kekuangan, kulitmu menjadi keriput. Tidak kencang dan mengalami penurunan elastisitas. Yup, makanan memang faktor penentu untuk kesehatan tubuhmu. Selain membuat kulit menjadi berkerut, pola makan yang tidak baik juga mampu membuat kulit tubuh menjadi kurang sehat. Kurang sehat disini contohnya adalah kulit kusam dan berjerawat. Enggak mau, kan?


.

Gangguan Mulut

Kamu suka makanan yang manis-manis? Apakah kamu rajin menggosok gigi setelah mengonsumsinya? Memakan banyak makanan manis, mampu membuat gigi berlubang akibat plak gigi. Apalagi jika ditambah dengan kebiasaan tidak menggosok gigi setelahnya. Jika kamu kekurangan glukosa, maka tubumu akan menghasilkan keton. Keton adalah penumpukan asam, dimana inilah yang mampu membuat bau nafasmu menjadi tidak sedap. Bisa bikin enggak pede untuk ketemu orang lain.

Kalau tubuhmu telah menunjukkan tanda-tanda diatas, segeralah untuk merubah kebiasaan makanmu. Kurangi junk food, dan mulailah mengonsumsi makanan yang bergizi. Kamu enggak mau menyiksa tubuhmu terus, kan?


Artikel Terkait