Goreng Ikan Tanpa Lengket Dan Meletup

andrew   21 Agustus 2019 Tips n Trick

.

Ikan menjadi salah satu favorit dalam menu makanan sehari-hari. Mengolah ikan dapat dengan digoreng atau dipepes. Menggoreng ikan kelihatannya mudah tetapi ternyata gampang-gampang susah.Banyak orang kurang bisa menggoreng ikan dengan sempurna. Terlebih bagi para pemula  yang baru belajar memasak atau tidak rutin beraktivitas di dapur, menggoreng ikan adalah pekerjaan yang paling dihindari. Begitu banyak masalah yang muncul ketika hendak menggoreng ikan, seperti lengket atau menempel pada wajan sehingga menyebabkan ikan  hancur, atau minyak meletup-letup sehingga akan melukai kulit.

 

Ada cara tepat menggoreng ikan agar hasil gorengan utuh karena tidak lengket di wajan dan menghindari minyak meletup saat menggoreng ikan. Seperti apa caranya? Makanabis berbagi tipsnya.


Panaskan Wajan

Biasanya bila kita hendak menggoreng sesuatu, kita menuangkan minyak terlebih dahulu lalu memanaskannya di wajan. Tapi kali ini agar gorengan tidak lengket di wajan, ada baiknya wajan dipanaskan dulu baru minyak dituangkan. Tunggu sampai panas kemudian masukkan ikan yang akan digoreng.


.

Minyak Yang Banyak

Tuangkan minyak dalam wajan hingga ikan terendam. Goreng  ikan saat minyak sudah panas. Ikan tidak perlu dibalik-balik karena sudah terendam minyak jadi kedua sisi ikan akan matang dan kering bersamaan. 


Celupkan Telur Untuk Ikan Dengan Duri Lunak

Untuk mendapatkan hasil gorengan yang cantik, tidak ada salahnya jika kita mencelupkan ikan ke dalam kocokan telur terlebih dahulu. Kemudian goreng seperti biasa. Dengan cara ini ikan yang anda goreng dijamin tidak akan hancur ataupun lengket. 


.

Tidak Meletup

Menggoreng ikan biasanya disertai dengan letupan minyak goreng. Hal ini yang menyebabkan kita enggan jika hendak menggoreng ikan. Anda dapat menambahkan jeruk nipis ke dalam minyak yang sudah panas, setelah itu masukkan ikan dan goreng tanpa khawatir terciprat minyak panas.

 

Atau dengan cara lain yaitu dengan menambahkan sedikit garam pada minyak goreng. Biarkan sampai minyak panas dan siap untuk digunakan. Goreng ikan sampai matang.

Jahe juga dapat menjadi alternatif lain untuk mencegah minyak goreng meletup saat digunakan. Caranya jahe dikupas dan diiris-iris , masukkan dalam minyak goreng panas. Kemudian masukkan ikannya.

 

Nah, itulah beberapa tips yang dapat makanabis bagikan agar gorengan ikan kita utuh dan tidak khawatir terkena letupan minyak goreng. Semoga tips ini bermanfaat. Paskalis Andrew 


Artikel Terkait