Hekeng, Kekian Penuh Gizi Kalimantan

andrew   05 September 2019 Selera Nusantara

.

Akhir-akhir ini sering kita lihat dan baca kabar yang tengah viral yaitu ibukota akan dipindahkan ke Pulau Kalimantan. Tepatnya di kota Kutai hal ini membuat heboh masyarakat Indonesia. Ada yang mendukung hal ini dan ada juga yang tidak setuju. Makanabis tak akan ikut berpolemik, karena makanabis sudah komit hanya menyajikan berita seputar kuliner.

Dan  tahukah anda jika di Kalimantan ada makanan yang enak dan kaya akan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh? Ternyata ada, makanan ini biasa disebut dengan hekeng. Makanan ini merupakan makanan khas tionghoa yang berasal dari Kota Pontianak. Hekeng sendiri memiliki kesamaan bentuk  dengan ngohiong Bogor atau kekian khas Semarang. 


.

Bermacam Kreasi

Awalnya hekeng merupakan lumpia udang. Namun sejarah proses pembuatan yang sudah lama membuat banyak kreasi-kreasi baru bermunculan baik dari segi bentuk, ukuran, kemasan hingga bahan-bahan yang dipergunakan.

Meski sekarang sudah ada hekeng yang halal yang dibuat dari daging sapi, daging ayam, ikan atau murni hekeng vegetarian, untuk saat ini rata-rata produk hekeng yang dikenal masih menggunakan bahan-bahan utama seperti kulit kembang tahu, daging udang, daging babi, lemak babi, bawang bombay, bawang cung, tepung, merica, garam serta bumbu-bumbu lainnya.

Untuk yang halal atau vegetarian mungkin bisa ditanyakan di toko-toko penjual hekeng terdekat. Setelah adonan selesai dibuat, baru dibungkus dengan kulit kembang tahu lalu dikukus hingga matang. Hekeng memiliki ukuran panjangsekitar 25 cm dengan lebar 4,5 cm. 


.

Untuk penyajian Hekeng biasanya hanya digoreng. Tapi sekarang bisa juga digunakan sebagai tambahan pada menu masakan misalnya capcay atau sup. Karena hekeng rasanya mirip dengan kekian yang juga sering digunakan sebagai tambahan pada menu capcay.

Selain rasanya yang nikmat hekeng memiliki Kandungan Gizi, kandungan tersebut ada dalam daging udang. Gizi pada daging udang dalam hekeng merupakan sumber mineral, vitamin, dan protein

Sumber Mineral
Udang mengandung berbagai mineral yang penting bagi tubuh. Mineral selenium dalam 100 gr udang segar cukup untuk memenuhi 54% kebutuhan harian, ditambah kandungan fosfor (20%),
zat besi& tembaga masing-masing (13%), magnesium (9%), zinc (7%), sodium (6%), potassium & kalsium masing-masing (5%), serta berbagai mineral penting lainnya yang dibutuhkan tubuh.

 


.

Sumber Protein

Seperti yang kita tahu jika udang merupakan sumber protein, hal ini disebabkan oleh kadar asam amino yang tinggi sekitar 85-95 persen protein. 100 gram udang menrah mengandung sekitar 20.3 gr protein. Yang dimana protein cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 41%.

 

Sumber Vitamin

Berbagai vitamin baik jenis larut air & lemak juga sangat tinggi pada udang sehingga sangat baik dikonsumsi. Kandungannya yang tertinggi berturut-turut sesuai dengan persentase kebutuhan harian adalah vitamin D (38%), vitamin B12 (19%), Niacin (13%), vitamin E (5%), vitamin B6 (5%), vitamin A (4%), vitamin C (3%), & lain-lain.

Karena gizi yang dikandung sangat melimpah maka disarankan untuk dikonsumsi untuk anak-anak. Agar dapat membantu dalam masa pertumbuhan badan dan perkembangan otak. Selain itu juga hekeng memiliki rasa yang disukai oleh anak-anak. Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 50%, penasaran? cari tahu di meeberian. Paskalis Andrew


Artikel Terkait