Jaga Kesehatan dengan Olahan Bligo

andrew   14 Agustus 2019 Khasiat

Bligo merupakan salah satu tanaman merambat. Kita biasa menyebutnya buah kundur atau blonceng atau winter melon. Sebagian orang menganggap bligo adalah termasuk sayuran karena buahnya dapat dimakan. Permukaan bligo halus dan berbulu ketika masih mentah. Tetapi jika sudah matang, bulunya akan hilang, menjadi lunak dan dapat bertahan lama sampai berbulan-bulan. Bentuk buahnya lonjong, daging buahnya berwarna putih.

Nama buah ini memang tidak populer bagi masyarakat kita, terlebih bagi generasi muda sekarang, namanya tidak setenar buah-buah lainnya.Jika melihat bentuknya pun pastilah banyak yang menyebutnya labu. Memang benar karena buah kundur atau bligo ini masih satu kerabat dengan labu-labuan.


.

Buah ini sering kali diolah menjadi manisan segar yang dapat kita buat sendiri di rumah. Cara pengolahannya sangat mudah. Sehingga buah ini dapat dijadikan camilan sehat. Dapat juga diolah menjadi manisan kering yang biasa kita sebut sukade yang dapat kita jumpai di toko-toko bahan kue.

Meskipun kurang dikenal, ternyata buah bligo mengandung banyak gizi dan nutrisi serta bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Anda penasaran dengan manfaat buah bligo? Yuk, kita simak bersama-sama manfaat buah bligo berikut ini.

Buah bligo atau kundur banyak sekali mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Apa saja kandungan nutrisinya? Kandungan nutrisinya adalah kalsium, sodium, seng, besi, magnesium, fosfor dan berbagai vitamin. Karena kaya akan kandungan nutrisi tersebut, makanabis membagikan info ini untuk Anda: 


.

Menjaga Kesehatan Jantung

Buah bligo mengandung potasium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, yang dapat melemaskan ketegangan pembuluh darah arteri sehingga dapat melancarkan peredaran darah. Dengan serat larutnya dapat mengurangi kolesterol dan lemak jahat pada tubuh sehingga dapat melindungi jantung kita terutama dari serangan jantung koroner yang merupakan penyakit mematikan.

Mengobati Radang Tenggorokan

Mengkonsumsi buah bligo dapat mengobati radang tenggorokan. Buah bligo mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat melepas zat yang menyebabkan peradangan.

 

 


.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Didalam buah bligo, terdapat kandungan serat yang sangat tinggi. Sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Kandungan seratnya dapat melarutkan makanan.

Mengobati Sariawan

Buah bligo mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Dengan mengkonsumsi buah bligo secara rutin, dapat membantu kecukupan vitamin C yang mampu mencegah sariawan.


.

Mengatasi Gejala Osteoporosis

Tidak ingin kan menderita osteoporosis? Mulai sekarang rajin-rajinlah mengkonsumsi buah bligo. Jika sudah menderita osteoporosis, konsumsilah buah bligo karena mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat meringankan gejala osteoporosis.

Penurun Demam

Jika Anda demam, konsumsilah buah bligo karena buah ini dapat berperan sebagai penurun demam. Kandungan airnya yang banyak, akan membuat sering buang air kecil dan mengakibatkan suhu tubuh yang tinggi akan turun berangsur-angsur turun.


.

Merangsang Pembentukan Kolagen

Kandungan vitamin C dalam buah bligo sangat berperan  penting bagi kesehatan tubuh. Selain dapat meningkatkan imunitas tubuh, vitamin C juga dibutuhkan dalam pembentukan kolagen.

Kolagen sendiri memegang peranan penting dalam tubuh manusia. Diantaranya untuk membantu penyembuhan luka, meningkatkan elastisitas dan kelembaban kulit, membantu terciptanya sel baru untuk menggantikan sel-sel lama yang telah rusak atau mati serta mendukung kesehatan sendi dan otottulang serta berbagai organ-organ diseluruh tubuh.


.

Itulah manfaat mengkonsumsi  buah bligo bagi kesehatan. Jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi buah bligo. Manfaatkan semua yang ada di sekitar  Anda.  Tak kenal maka tak sayang. Paskalis Andrew


Artikel Terkait