A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: opendir(/var/lib/php/sessions): failed to open dir: Permission denied

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 356

Backtrace:

File: /var/www/html/application/controllers/Main.php
Line: 8
Function: __construct

File: /var/www/html/index.php
Line: 315
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Cannot send session cache limiter - headers already sent (output started at /var/www/html/system/core/Exceptions.php:271)

Filename: Session/Session.php

Line Number: 143

Backtrace:

File: /var/www/html/application/controllers/Main.php
Line: 8
Function: __construct

File: /var/www/html/index.php
Line: 315
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /var/www/html/system/core/Exceptions.php:271)

Filename: libraries/Mylib.php

Line Number: 11

Backtrace:

File: /var/www/html/application/libraries/Mylib.php
Line: 11
Function: setcookie

File: /var/www/html/application/controllers/Main.php
Line: 51
Function: insstat

File: /var/www/html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Keberagaman Jenis Jajanan Tradisional Getuk di Indonesia

Keberagaman Jenis Jajanan Tradisional Getuk di Indonesia

putri   13 Agustus 2019 Ragam

.

getuk, asale soko telo. Moto ngantuk, iku tandane opo?” Pernah mendengar lagu campursari itu? Mungkin kamu bertanya-tanya, apa itu getuk? Getuk atau dalam bahasa jawa biasa ditulis dengan gethuk, adalah jajanan tradisional yang dibuat dari ketela pohon ataupun singkong. Singkong dikupas, kemudian dikukus atau direbus. Setelah matang, singkong tersebut dihaluskan dengan cara digiling, diberi pewarna makanan dan pemanis berupa gula dan parutan kelapa.

Kamu akan mudah menemukan jajanan ini di Jawa Tengah ataupun Jawa Timur. Jajanan ini sangat legendaris, karena sudah ada sejak jaman penjajahan, lho. Enggak hanya satu, Di Indonesia, ada beragam jenis getuk yang perlu kamu ketahui.


.

Getuk Lindri

Mungkin getuk jenis ini yang paling familiar diantara getuk lainnya. Warnanya yang colorful, membuat siapapun yang melihat akan tertarik untuk membelinya. Lindri berasal dari nama alat pembuat getuk, yang menyerupai mesin penggiling adonan mi tradisional.

Bentuk getuk lindri pun menjadi ada garis-garis memanjang, namun menempel. Kemudian dipotong-potong menjadi seukuran 5cm dengan  lebar 4cm. Getuk jenis ini berbahan dasar singkong. Biasa disajikan dengan parutan kelapa di atasnya.


.

Getuk Trio

Bahan dasarnya menggunakan singkong tumbuk dan gula pasir. Getuk khas Magelang ini punya tampilan yang unik, yaitu berlapis tiga dan menyerupai kue pepe ataupun kue lapis. Teksturnya pun jauh lebih lembut, lantaran adanya penambahan santan pada adonannya. Tiga lapisan tersebut memiliki warna yang berbeda, yaitu putih, cokelat dan pink. Tahu enggak, sih? Artis cantik, Luna Maya, disuguhi getuk trio ini ketika berkunjung ke rumah suami mendiang Suzzana, Cliff Sangra. Ayo, kalian cicipin juga dong!


Getuk Sukun

Secara tampilan, mirip dengan getuk singkong gula jawa. Akan tetapi warnanya lebih pucat, dan menggunakan bahan baku yang berbeda. Bahan pembuatan getuk ini tidak menggunakan singkong, melainkan menggunakan buah sukun. Buah sukun yang telah matang, dikukus, kemudian dihaluskan dan dicampur dengan gula dan garam. Teksturnya lebih keras dan padat, namun rasanya sangat manis dan aromanya harum.


.

Getuk Kurung

Kurung itu maksudnya getuk ini berasal dari salah satu desa di Klaten, yaitu desa kurung. Jenis getuk ini bisa dibilang paling unik, karena memiliki isian berupa selai nanas yang meleleh ketika kita memakannya. Warnanya juga menarik, yaitu berwarna pink, cokelat, hijau atau kuning. Getuk ini adalah oleh-oleh favorit para pelancong ketika berkunjung ke Klaten.


.

Getuk Singkong Gula Jawa

Sesuai namanya, getuk ini berbahan dasar dari singkong. Tampilannya berwarna kuning kecokelatan. Ketika dicicipi, cita rasanya legit. Hal ini karena perpaduan antara singkong, gula merah cair dan juga parutan kelapa muda di bagian atasnya.

Bisa dibilang ini adalah getuk original alias paling sederhana. Teksturnya cenderung kasar karena bulir singkong yang berukuran besar, masih terlihat di beberapa sisinya. Jadi enggak terlalu halus gitu, deh. Biasa dijajakan dengan cara dipikul atau menggunakan gerobak.


Getuk Pisang

Jajanan khas Kediri ini terbuat dari pisang. Pisang yang digunakan antara lain, pisang kepok, pisang raja nangka, pisang tanduk, pisang raja, dan pisang ambon. Akan tetapi, yang biasa dipakai adalah pisang raja nangka. Hal ini tentu berbeda dari bahan yang biasa dijadikan getuk seperti singkong atau ubi. Dibungkus daun pisang dan memanjang seperti lontong.

Ketika dibuka, akan terlihat getuknya berwarna cokelat tua. Teksturnya agak keras. Ketika dicicipi, akan terasa manis dan sedikit asam. Teksturnya yang padat dan keras ini justru membuat getuk menjadi tidak mudah lembek ketika dikukus. Cara menyajikannya biasanya dipotong-potong, seperti ketika kita memotong lontong.


.

Getuk Goreng

Getuk ini adalah khas Banyumas, khususnya kecamatan Sokaraja. Berbeda dengan getuk lainnya, getuk jenis ini dibuat dengan cara digoreng dan dibumbui gula kelapa. Rasanya manis dan juga gurih. Psst, katanya sih getuk goreng ini dibuat secara tidak sengaja oleh salah satu penjual getuk di sokaraja pada tahun 1918.

Getuk yang tidak laku dijual, kemudian di goreng olehnya supaya bisa dijual lagi. Eh, ternyata warga sekitar malah minat dengan jajanan getuk goreng tersebut. Kalau kamu melintas di jalan raya sokaraja, siap-siap mencium aroma wangi getuk goreng yang bikin laper!

Jadi, getuk yang mana yang sudah pernah kamu cicipin?

(penulis: Putri aisya pahlawani)


Artikel Terkait