Kilas Balik Secangkir Cappucino

andrew   04 September 2019 Coffee N Tea

.

Di Italia ada kopi yang favorit sebagai pendamping sarapan di pagi hari, ya kopi Cappucino. Cappucino dipercaya dapat membangkitkan stamina alasan itu diperkuat dengan citarasa kopi yang dicampur dengan manis dan kentalnya susu. Tak hanya susu namun cappuccino juga ditaburi dengan choco granule yang memperkaya rasa manis kopi cappuccino.  Tapi tak banyak yang tahu bagaimana awalnya cappuccino disebut dengan “cappuccino”. Ada sejarah yang mewakili asal namanya. Makanabis akan menjelaskan sejarah tentang minuman nikmat ini 

 


Di Italia,  cappuccino berarti “little cap” Cappuccino diartikan sebagai cangkir kopi nikmat yang atasnya dipenuhi busa susu (foam) yang bagian dasarnya dipenuhi espresso yang dicampur susu. Sebutan “little cap” sendiri diduga lahir dan terinspirasi busana sebuah kelompok religius yang ikonik. Mereka adalah para biarawan asal Capuchin atau lebih dikenal dengan Biarawan Capuchin. Para biarawan ini mengenakan jubah dan kerudung berwarna cokelat dengan kepala yang botak tercukur. Mungkin kelak, inilah yang menjadi inspirasi dari minuman cappuccino. Capuchin untuk “cappuccino” dan kepala botak para biarawan dinilai mirip dengan foam susu yang ada dipermukaan cappuccino. 


.

Kopi Biarawan

 

Kisah kenapa Biarawan Capuchin mengenakan jubah dan kerudung berwarna cokelat atau warna serupa cappuccino berawal dari sebuah cabang agama Katolik yang bernama Katolik Fransiskan. Mereka diserang oleh kelompok mereka sendiri pada 1520. Lalu mereka diselamatkan dan diberi perlindungan oleh para biarawan dari Benedictine Camaldolese. Para Biarawan Capuchin berlindung dari pencarian sekelompok Gereja resmi yang berkuasa pada masa itu.

 

Pada masa sulit ini biarawan Benedictine Camadolese yang membantu mereka sehingga mereka bisa selamat dari pengejaran. Untuk menghormati dan berterima kasih atas apa yang telah dilakukan oleh biarawan Benedictine Camaldolese, para Biarawan Capuchin akhirnya mengenakan jubah dan kerudung berwarna cokelat  yang juga merupakan jubah dan kerudung yang dipakai biarawan yang telah menyelamatkan nyawa mereka itu. 


.

 Cappucino jauh sebelum mendapatkan namanya ternyata memiliki kisah perjuangan yang tak diketahui banyak orang. Jika kamu mendapati secangkir cappuccino dengan foam susu sempurna yang menutupi seluruh cangkir dan pinggirannya di kelilingi oleh lingkaran kopi berwarna kecoklatan, itulah asal mula bentuk cappuccino tradisional. Itulah yang melandasi kenapa cappuccino juga disebut sebagai “kepala biarawan”.

 

Seperti itulah kisah dibalik munculnya secangkir cappuccino yang membangkitkan semangat di pagi hari yang cerah.   Sudah gak zaman makan atau minum di café pake antri, Pre Oderkan kopi pilihanmu, dapatkan diskon hingga 50%, penasaran? cari tahu di meeberian.Paskalis Andrew

 

  


Artikel Terkait