Kopi Lintong Toba Taklukkan Dunia

andrew   15 Agustus 2019 Coffee N Tea

.

Kopi–kopi yang ada di Provinsi Sumatera kualitasnya sudah tidak diragukan lagi. Kopi yang berasal dari Sumatera memang terkenal akan kopi-kopinya yang sangat nikmat dari kopi gayo, mandailing, sidikalang, minang solok dan masih banyak yang lain. Tapi ada salah satu yang tak kalah popular dengan kopi yang sudah disebutkan, kopi ini berasal dari bagian utara sumatera yaitu Lintong Nihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara. 

Ya, namanya adalah Kopi Lintong, kopi ini menjadi kopi premium pilihan yang banyak disukai didunia. Kopi Lintong masuk dalam salah satu dari tiga kopi terlaris didunia selain Aceh Gayo dan Madailing. Kualitas kopi lintong yang sudah terkenal di mancanegara diyakini karena pengaruh kondisi tanah yang subur akibat letusan Gunung Toba sekitar 73.000 tahun lalu, juga didukung dengan ketinggian wilayah, sekitar 1.000 - 1.000 meter di atas permukan laut. 


Kopi Lintong termasuk jenis kopi arabika karena memiliki rasa yang agak asam. Untuk kopi robusta memiliki rasa agak manis, seperti ada rasa coklat. Bodynya full dan memiliki acidiy mild. Body disini merupakan rasa yang ditinggalkan kopi ketika diminum. Jadi ketika anda meminum kopi ini rasanya akan tertinggal lama di lidah dan mulut. Rasa asamnya sangat terasa dimulut. Rasa dari kopi ini seperti ada rasa herbal, kacang dan agak spicy. Rasanya sangat komplek. Pahitnya tidak begitu terasa, karena hilang dengan campuran rasa yang lain. Oleh karena itu kopi lintong cocok untuk diseduh dengan alat manual atau di blend dengan jenis kopi lainnya menjadi standar kopi espresso. 


.

Pertama kali dibawa oleh kolenial belanda ke daerah Sumatera pada tahun 1800-an, sebagai salah satu komoditas yang di tanam di Indonesia untuk dijual ke luar negeri oleh kolonial Belanda. Sama halnya dengan perkebunan kopi di daerah priangan bandung, di sini pun penanaman dilakukan melalui sistem tanam paksa yang dilakukan oleh kolonial belanda.

Kopi Lintong awalnya adalah sebuah brand kopi khusus yang berasal dari kecamatan Lintongnihuta, tetapi baru-baru ini ada berbagai pengembangan dari mereka lain yang menggunakan nama kopi lintong, seperti Lintong Java dan Lintong Luwak. Padahal Lintong yang asli yang berasal dari wilayah Lintongnihua tanpa nama belakang lain. - Paskalis Andrew 


Artikel Terkait