Mau Sehat? Sesuaikan Pola Makan dengan Golongan Darahmu

andrew   06 September 2019 Healthy Food

Di dunia terdapat 4 golongan darah yaitu golongan darah O,A,B, dan AB. Golongan darah ini juga mempengaruhi sifat dan kepribadian seseorang. Hal ini dapat berkaitan dengan pola makan juga, kesempatan kali ini makanabis.com akan membuat pola makanan yang cocok dengan golongan darah.       


.

Darah A

Bagi yang memiliki golongan darah A, kekebalan tubuh Anda lebih sensitif. Dan jika   mengalami banyak tekanan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Golongan darah A memiliki kadar asam lambung lebih rendah sehingga cenderung sulit mencerna makanan yang mengandung protein hewani dan lemak.  

Dianjurkan golongan darah A untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein nabati seperti kedelai, tempe, kacang polong, biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan yang berifat alkali seperti alpukat, kurma, apel, berry, dan lain-lain. Namun karena pemilik golongan darah A cenderung sensitif terhadap lektin, maka mereka tidak dianjurkan untuk konsumsi kentang, umbi-umbian, serta pepaya, mangga, dan jeruk yang dapat memicu diabetes.  


.

Darah B

Jika memiliki golongan darah B Anda memiliki sifat yang lebih fleksibel dibandingkan golongan darah lainnya karena golongan darah B dapat mengonsumsi makanan yang mengandung protein hewani maupun nabati. Mereka dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi daging merah, sayuran hijau, telur, dan produk susu rendah lemak. 

Namun, pemilik golongan darah B tidak dianjurkan untuk konsumsi ayam, gandum, jagung, kacang, tomat, kacang tanah dan biji wijen karena makanan tersebut dapat mempengaruhi proses metabolisme tubuh yang dapat mengakibatkan kelelahan, retensi cairan, dan hipoglikemia.  


.

Darah O

Sepeti yang sudah dijelaskan diatas pemilik golongan darah A memiliki kadar asam lambung yang rendah, sementara  pemilik golongan darah O yang memiliki kadar asam lambung yang tinggi dan memiliki kemampuan untuk mencerna protein dan lemak dengan mudah. 

Faktor pencernaan ini sangat meningkatkan kemampuan golongan darah O untuk memetabolisme kolesterol dalam produk hewani secara lebih efisien dan mengasimilasi kalsium dengan lebih baik.   Pemilik golongan darah O tidak dianjurkan untuk sering mengonsumsi susu dan olahannya karena produk tersebut sulit dicerna oleh tubuh. Oleh karena mereka cenderung alergi terhadap gluten, maka mereka tidak dianjurkan untuk konsumsi kubis, kembang kol, dan gandum yang dapat menghambat hormon tiroid dan berpengaruh buruk bagi insulin yang dapat menghambat sistem metabolisme tubuh. 

Pola makan sehat berdasarkan golongan darah O adalah buah-buahan yang bersifat alkali seperti alpukat, apel, kurma, bawang putih, wortel, seledri, serta daging sapi, domba, kalkun, ayam, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian, dan seafood karena dapat meningkatkan produksi hormon.  


.

Darah AB

Sama seperti golongan darah A, orang dengan tipe golongan darah AB memiliki asam lambung yang rendah sehingga mereka tidak dianjurkan untuk makan daging karena sistem pencernaannya sulit menerima makanan tersebut. 

Golongan darah AB tidak dianjurkan untuk konsumsi kafein dan alkohol terlebih saat mereka sedang stres. Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah tahu, susu, sayuran hijau, dan makanan laut yang merupakan sumber terbaik protein seperti salmon, sarden, tuna, dan ikan kakap merah. 

Sekian penjelasan mengenai pola makan yang sesuai dengan golongan dara. Kiranya dapat menambah wawasan anda mengenai pola makan dan dapat membantu anda dalam mencari makanan yang sesuai untuk program diet anda. Biar gak salah pesan makanan, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 50%, penasaran? cari tahu di meeberian.Paskalis (berbagai sumber)


Artikel Terkait