Mengalami Morning Sickness? Coba Makan Ini ya, Bunda!

putri   23 Agustus 2019 Healthy Food

.

Ketika hamil, para ibu seringkali mengalami yang namanya morning sickness. Morning sickness adalah kondisi dimana ibu hamil merasa mual dan ingin muntah. Meski namanya Morning sickness, bukan berarti ini hanya terjadi ketika pagi hari. Kondisi ini jelas dapat memperngaruhi aktivitas sehari-hari si ibu hamil, salah satunya adalah untuk urusan makan.

Kondisi perut yang sedang mual plus penciuman yang sensitif, mungkin akan membuat si ibu tidak nafsu makan. Padahal ibu hamil harus makan dengan jumlah dan gizi yang cukup, supaya bayi yang dikandung juga ternutrisi dengan baik. Makanabis punya beberapa rekomendasi makanan yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil yang sedang mengalami morning sickness, nih!


.

Berbahan Dasar Jahe

Jahe memiliki zat adiktif yang mampu mengurangi rasa mual. Itu sebabnya ketika sedang mabuk perjalanan, kamu akan disuguhkan dengan permen jahe yang punya cita rasa sedikit pedas. Buat ibu hamil, jahe ini mampu mengurangi mual akibat morning sickness. Konsumsilah jahe kering sekitar 0,5 – 1 gram per hari. Enggak suka jahe segar? Ibu hamil juga bisa mengonsumsi makanan yang berbahan dasar jahe, seperti roti jahe. Jahe juga bisa diseduh, yang akan membuat perut menjadi lebih hangat.


.

Kue kering atau biscuit

Tekstur yang renyah mampu menolong di kala perut sedang dilanda mual. Cobalah untuk menyarankan beberapa makanan kering yang bertekstur renyah kepada ibu hamil. Bisa roti kering, kerupuk, ataupun biscuit. Pilihlah biskuit dengan rasa yang plain ataupun yang rendah gula. Pilihlah yang rasanya gurih ataupun asin. Selain membuat rasanya tidak terlalu tajam, aromanya pun tidak terlalu kuat. Jangan khawatir, kue kering juga mengandung karbohidrat yang bisa membuat ibu hamil merasa kenyang. Ini akan sangat membantu ibu hamil yang tidak nafsu makan ketika alami morning sickness.


.

Buah-buahan

Buah-buahan segar mampu membuat tubuh siapapun jadi lebih bugar. Cobalah untuk mengonsumsi buah-buahan ketika morning sickness melanda. Makanabis punya rekomendasi buah-buahan yang bisa dikonsumsi ibu hamil, seperti lemon ataupun buah pisang. Lemon memiliki aroma yang segar, sehingga membuat rasa mual berkurang. Katanya nih, lemon mampu menenangkan saraf tubuh yang tegang. Oh iya, buah semangka juga bisa dikonsumsi untuk mencegah ibu hamil dari dehidrasi! 


.

Dark Chocolate

Siapa yang suka cokelat? Ibu hamil pasti juga suka, dong. Kabar baiknya, cokelat mampu meredakan morning sickness, lho. Eits, tapi pilihlah yang jenis dark chocolate. Memang rasanya akan sedikit pahit. Akan tetapi rasa pahit ini justru mampu mengatasi rasa mual, lho. Rasa pahit tersebut mampu menenangkan saraf pada ibu hamil. Mengonsumsi cokelat yang terlalu manis, justru akan membuat  ibu hamil semakin merasa mual.


.

Edamame

Edamame adalah sejenis kacang yang masih berada dalam polongnya. Dalam satu polong terdiri dari tiga kacang, berwarna hijau muda. Selain lezat, edamame mengandung magnesium yang bermanfaat bagi ibu hamil. Salah satu penyebab morning sickness adalah ibu hamil kekurangan kandungan magnesium dalam tubuhnya. Cobalah untuk mengonsumsi edamame. Rasa mual bisa berangsur-angsur mereda!

Tips lainnya adalah sediakan makanan dalam keadaan dingin atau tidak terlalu panas. Makanan yang panas akan menyebabkan aromanya dengan cepat menyeruak ke semua ruangan. Indra penciuman ibu hamil yang sedang sensitif, mungkin akan membuatnya semakin mual setelah mencium aromanya. Selain itu, cobalah untuk mengonsumsinya sedikit demi sedikit dalam porsi kecil. Selamat mencoba dan semoga bisa meredakan morning sickness ya, bunda!


Artikel Terkait