Rahasia Singkong Goreng Enak Dan Empuk

andrew   19 Agustus 2019 Tips n Trick

.

Singkong adalah jenis umbi-umbian yang mengandung karbohidrat. Sebagian masyarakat Indonesia menjadikan singkong sebagai makanan pokok. Singkong juga dapat dijadikan camilan yang sehat.

Singkong mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh. Selain karbohidrat, singkong juga mengandung protein dan lemak, mengandung serat dan beberapa vitamin serta mineral. Tak hanya sebagai kudapan atau camilan, singkong juga dapat diaplikasikan menjadi tepung tapioka untuk membuat berbagai macam makanan ringan. Jangan mengkonsumsinya dalam keadaan mentah karena dapat meningkatkan resiko keracunan sianida.


.

Biasanya singkong diolah dengan cara digoreng atau direbus. Tapi menggoreng singkong ternyata tidaklah mudah. Seringkali singkong yang digoreng agak keras untuk digigit. Tetapi makanabis membeber rahasia, singkong yang digoreng akan menjadi kudapan yang enak dan empuk digigit. Mau tahu caranya?

Agar singkong goreng enak dan empuk, tambahkan bumbu-bumbu dengan berani. Jangan hanya menambahkan garam. Haluskan bawang putih hingga halus sebagai unsur aroma pada singkong. Selain bawang putih, tambahkan ketumbar bubuk.


.

Untuk 500 gram singkong:

·         Tambahkan 2 siung bawang putih ulek dan 1 sendok teh ketumbar bubuk.

·         Potong-potong singkong dengan ukuran sesuai selera. Ukuran 3 cm merupakan ukuran yang pas.

·         Bekukan singkong semalaman.  Hal ini dimaksudkan agar singkong empuk nantinya ketikadimasak. Singkong beku yang langsung dimasukkan ke dalam cairan panas akan “kaget” sehingga lebih mudah empuk.

·         Jangan langsung menggoreng singkong, tapi rebuslah dahulu.

·         Rebuslah singkong pakai santan. Santan menjadikan rasasingkong menjadi lebih gurih dan ada rasa lemaknya. Cukup gunakan 500 ml santan dari seperempat butir kelapa, jangan terlalu kental.

·         Masak santan tersebut dan masukkan ulekan bawang putih, ketumbar bubuk, dan garam sesuai selera. Masak hingga benar-benar mendidih, baru masukkan singkong beku. Inilah yang dimaksud “mengagetkan” singkong dengan suhu ekstrem agar mudah empuk.

·         Apabila tidak punya waktu semalaman, kita juga bisa membekukan singkong di freezer selama beberapa jam. Yang penting singkong benar-benar beku.

·         Rebus singkong sampai empuk, tidak usah sampai santan menyusut. Kemudian panaskan minyak dengan api besar, lalu masukkan singkong yang sudah direbus tadi.

Goreng hingga kuning keemasan dan renyah. Karena minyaknya panas, proses menggoreng tidak membutuhkan waktu lama. Angkat dan tiriskan. Singkong goreng enak, renyah dan empuk digigit siap dinikmati. Selamat mencoba. Paskalis Andrew.


.


Artikel Terkait