6 Minuman Alternatif Saat Pagi Selain Kopi

putri   19 Agustus 2019 Minuman

.

Mari awali pagi dengan meminum minuman yang bisa bikin kita semangat. Kopi menjadi minuman favorit banyak orang untuk dikonsumsi pada pagi hari. Katanya sih bisa bikin semangat dan berenergi. Sayangnya, kebiasaan ini enggak cukup bagus untuk lambung kita. Apalagi kala kita mengonsumsi kopi dalam keadaan perut kosong atau belum terisi makanan. Kafein yang terkandung pada kopi mampu merangsang asam lambung yang ada di perut kita. Alhasil ini bisa bikin perutmu jadi enggak nyaman atau bahkan sakit. Sebenarnya ada minuman lainnya yang bisa kamu konsumsi di pagi hari, selain kopi. Sama enaknya, manfaatnya banyak pula!


.

Susu

Sebelum berangkat sekolah, biasanya anak-anak meminum susu terlebih dahulu. Bisa susu bubuk atau susu cair, dengan berbagai macam rasa yang tersedia. Selain enak dan mengenyangkan, susu juga memiliki manfaat bagi tubuh kita. Susu yang dikonsumsi oleh mereka yang sedang dalam masa pertumbuhan, mampu membantu pertumbuhan tulang. Orang dewasa juga boleh minum susu, lho. Jika orang dewasa mengonsumsi susu secara rutin, bisa menjaga kekokohan tulang, dan terhindar dari osteoporosis dini. 


.

Teh

Orang dewasa yang tidak menyukai kopi, biasanya akan mengonsumsi teh sebagai gantinya. Teh bisa membuat tubuh jadi hangat dan juga ‘melek’. Apalagi teh juga mengandung kafein, sama seperti kopi. Ya, teh juga mengandung kafein di dalamnya. Akan tetapi, kadar kafeinnya lebih sedikit dibandingkan kopi. Cobalah untuk mengonsumsi secangkir teh hitam. Badan jadi lebih segar, hangat dan enggak ngantuk lagi!


.

Infused water

Tahu infused water? Itu loh, minuman air mineral yang dicampur dengan beberapa potong buah-buahan, lalu didinginkan di kulkas. Sensasi dinginnya, bikin badan jadi sejuk dan segar. Rasanya pun tidak sehambar ketika meminum air putih biasa. Rasanya akan tergantung dengan buah-buahan yang dimasukkan ke dalamnya. Bisa kecut, asam, bahkan manis. Infused water berfungsi untuk detoksifikasi tubuhmu. Racun yang ada di tubuh akan dikeluarkan, sehingga badan jadi lebih segar dan sehat. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, lho.


Air Kelapa

Meminum air kelapa juga disarankan menjadi pengganti kopi di pagi haru. Cairan tubuh yang hilang semalaman, akan langsung tergantikan ketika meminum air kelapa. Sama seperti infused water, air kelapa juga bisa mengeluarkan racun yang ada pada tubuh kita. Diminum saat perut kosong? Jangan khawatir. Air kelapa sangat aman untuk dikonsumsi, meskipun perut kita dalam keadaan kosong. 


Jus buah atau jus sayuran

Mengonsumsi jus di pagi hari juga disarankan oleh banyak orang. Boleh jus buah, maupun jus sayuran. Jus kaya akan serat, yang baik bagi pencernaan. Meminum jus di pagi hari, akan mencegahmu dari sembelit dan mudah untuk BAB. Selain itu, jus juga membuatmu kenyang lebih lama, sehingga menurunkan keinginan untuk makan banyak. Siapa yang pagi-pagi suka bikin jus buah atau jus sayuran?


 Air putih

Ini sih minuman yang paling mudah ditemukan, dan pasti ada di setiap rumah. Meminum air putih di pagi hari juga sangat disarankan, lho. Beberapa orang bahkan membiasakan untuk meminum air putih ketika bangun tidur. Air putih mampu menjaga sistem limfatik, dimana sistem ini berhubungan dengan cairan getah bening pada tubuh. Alhasil, sistem imun jadi meningkat. Badan juga lebih bugar dan enggak gampang sakit.

Buat kamu yang enggak suka minum kopi, bisa coba untuk meminum 6 minuman alternatif di atas, ya. Tetap bisa bikin kamu segar dan siap beraktivitas!

( putri aisya pahlawani)


Artikel Terkait