Selain Tepung Terigu, Ini Jenis Tepung Lainnya Berdasarkan Bahan Dasar Pembuatannya

putri   19 Agustus 2019 Ragam

Dalam pembuatan suatu masakan, seringkali kita membutuhkan tepung. Terdapat berbagai jenis tepung yang dijual di pasaran. Perbedaannya terletak pada bahan dasar pembuatannya, yang membuat nama tepung tersebut berbeda-beda. Contohnya adalah tepung terigu yang berbahan dasar gandum. Selain tepung terigu, ada juga tepung yang berbahan dasar dari jagung, singkong ataupun garut. Namanua juga berbeda, lho.


Tepung Beras

Sudah bisa ditebak, bahwa tepung beras ini berbahan dasar beras yang ditumbuk. Beras ditumbuk hingga halus, sampai pada akhirnya menjadi tepung. Bisa juga dimasukkan ke dalam mesin penggiling. Jika disentuh, teksturnya mirip dengan tekstur tepung ketan. Akan tetapi tekstur tepung beras sedikit lebih halus dibandingkan tepung ketan. Kalau kamu suka makan bihun, kamu harus tahu jika dalam pembuatannya menggunakan tepung ini. Selain itu, kue tradisional juga kebanyakan menggunakan tepung jenis ini.


.

 Tepung Roti

Iya, ada juga tepung yang terbuat dari roti. Tepung roti ini terbuat dari roti tawar tanpa kulit yang dikeringkan, lalu dihaluskan. Penampakan dari tepung roti ini seperti butiran kecil reremahan. Teksturnya tentu saja cukup kasar. Tepung roti memiliki dibedakan menjadi dua jenis, yaitu tepung panir dan tepung panko.


 Tepung Jagung

Lebih eksis disebut dengan maizena. Berbahan dasar pati jagung yang sudah dihaluskan. Cara pembuatannya adalah dengan menggiling jagung hingga menjadi tepung, lalu sari patinya diambil. Sari pati tersebut akan direndam dan difermentasikan. Warna tepungnya berwarna putih dengan tekstur yang halus. Maizena ini biasa digunakan pada pembuatan kue kering, dengan tujuan menambah kerenyahan. Selain itu, bisa dijadikan sebagai pengental sup atau pelembut tekstur kue.


Tepung Ketan

Tepung ketan ini menggunakan bahan dasar berupa beras ketan. Jenis beras ketannya bisa menggunakan beras ketan putih ataupun beras ketan hitam. Beras ketan tersebut digiling hingga halus. Di dalam tepung ketan masih terdapat pati, sehingga teksturnya akan sedikit lebih berat serta lengket. Dari luar mungkin akan terlihat seperti tepung beras, khususnya untuk tepung ketan dengan menggunakan beras putih. Cara membedakannya adalah dengan melarutkan tepung tersebut dalam sedikit air. Hasilnya tepung ketan akan lebih kental, dibandingkan dengan tepung beras. Kue tradisional yang menggunakan tepung ini seperti getas atau onde-onde.


Tepung Tapioka

Terbuat dari sari pati singkong atau ketela pohon yang dikeringkan. Tepung yang biasa disebut dengan tepung kanji ini, biasa digunakan sebagai pengental masakan. Hal ini dikarenakan tepung akan menjadi lengket dalam suhu panas. Bakso adalah salah satu makanan yang menggunakan tepung kanji ini. Sedangkan untuk kue kering, salah satu contohnya adalah kue semprit. Sayangnya tepung ini akan kehilangan kekenyalannya jika didinginkan. Contohnya adalah ketika bakso yang dibeli tidak segera dimakan. Pasti teksturnya enggak akan sekenyal ketika terkena kuah panas. 


Tepung Sagu

Berbahan dasar bagian tengah pohon sagu. Bagian tersebut dikeruk, kemudian dihaluskan. Setelah dihaluskan, bagian tersebut direndam dan didiamkan hingga mengendap. Endapan tersebut kemudian diambil dan dikeringkan. Jadilah tepung sagu. Jika disentuh, teksturnya mirip seperti tepung kanji. Akan tetapi terasa lebih kering. Tepung sagu ini juga biasa dijadikan sebagai pengental makanan. 


.

Tepung Hunkwe

Belum pernah mendengar tepung ini? Tepung hunkwe ini terbuat dari saripati kacang hijau, lho. Warna tepungnya putih, aromanya harum dan teksturnya sedikit lebih kasar dari tekstur tepung terigu. Akan tetapi akan menjadi lentur dan kenyal jika sudah menjadi adonan. Jajanan tradisional nagasari, menggunakan jenis tepung ini dalam pembuatanya. Jika kamu menggunakan tepung ini untuk membuat kue, tekstur kue tersebut akan terlihat lebih halus. Rasanya juga menjadi sedikit lebih kenyal.


foto:rumahorganik

Tepung garut

Garut punya tepung sendiri? Eits, bukan begitu. Garut yang dimaksud disini bukan kota garut, melainkan sejenis tumbuhan yang menghasilkan umbi, dimana umbi tersebut bernama umbi garut. Tekstur dan warnanya mirip sekali dengan tepung sagu.

Jika dilihat-lihat, semua tepung ini susah dibedakan. Cara termudah untuk mengetahuinya tentu saja dengan melihat kemasannya. Ketika kamu hendak menyimpan tepung ini dalam sebuah wadah, jangan lupa untuk diberikan nama supaya enggak keliru!


Artikel Terkait