Si Kecil Tutut , Obat Alternatif

andrew   19 Agustus 2019 Khasiat

.

Jika di perancis ada makanan mewah bernama escargot. Maka di Indonesia juga ada kembarannya, Namanya tutut atau keong tutut. Keong ini mengandung nutrisi yang tinggi. Bagi anda yang tinggal didaerah pedesaan maka tidak akan asing dengan tutut. Tutut merupakan hewan yang mudah ditemukan disawah.

Tutut termasuk kedalam jenis keong sawah. ciri-ciri dari hewan ini yaitu tinggi cangkang bisa mencapai 40 mm dengan diameter cangkan 15–25 mm. cangkangya memiliki bentuk seperti kerucut membulat dengan warna hijau-kecoklatan atau kuning kehijauan. Puncak cangkang agak runcing, tepi cangkang menyiku tumpul pada yang muda, jumlah seluk 6-7, agak cembung, seluk akhir besar . Dibalik fisiknya yang kecil ternyata tutut kaya akan nutrisi dan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Kali ini makanabis akan mengulik tuntas khasiat tutut si keong sawah:   


.

 Obat Alternatif

Tutut disebagian tempat di Indonesia banyak dipercayai sebagai obat alternatif. Karena dapat mengobati penyakit  maag, liver, dan kolesterol. Hal ini di dukung dengan kandungan daging tutut yang rendah lemak dan tinggi berbagai vitamin yang baik untuk tubuh. Jika anda memiliki penyakit diatas mungkin anda harus mencoba tutut sebagai obat alternatif.

Tinggi  Protein

Tak hanya karena rendah lemak dan memiliki berbagai vitamin, tutut juga mengandung protein yang sangat tinggi meski tutut harganya murah dan bisa didapatkan dengan mudah di sawah ini, ternyata kandungan proteinnya sama dengan ikan dan daging yang harganya mahal. Protein yang sangat tinggi ini baik untuk meningkatkan stamina bagi orang dewasa dan merangsang pertumbuhan bagi anak-anak  


.

Kaya Vitamin 

Seperti yang sudah disebutkan pertama kali jika daging tutut kaya akan vitamin. Vitamin-vitamin itu antara lain vitamin A, E, niacin dan folat. Dimana vitamin ini banyak dibutuhkan oleh manusia. Asam folat juga sangat baik bagi kesehatan ibu hamil

Aman bagi   Diabetes

Tak banyak orang tau jika tutut aman untuk dikonsumsi untuk orang yang mengidap diabetes. Mengapa tutut aman bagi pengidap diabetes ? hal ini disebabkan karena daging tutut memiliki kandungan gula rendah.yang artinya aman untuk pengidap diabetes. 


.

 Kaya Omega 6 

Tutut juga kaya akan omega 6. Omega 6 memiliki manfaat yang penting untuk merangsang perkembangan otak. Lebih baik lagi jika dikonsumsi bagi anak dalam masa pertumbuhan. Karena tubuh tidak dapat memproduksi omega 6 sehingga omega 6 hanya bisa didapatkan dari asupan luar tubuh. 

 Omega 3

Tak hanya omega 6, tutut pun memiliki omega 3. Omega 3 atau asam esensial. Berguna untuk menjaga rambuat agar tetap kuat, tidak rontok. Konon minyak esensial yang terdapat dalam tutut berguna untuk mengatur pertumbuhan rambut serta dapat menjaga kelembaban rambut. Tak ada salahnya untuk mengonsumsi tutut untuk mengatasi kerontokan rambut anda.

Memang tutut selama ini jarang dipandang oleh masyarakat di Indonesia karena masyarakat jarang mengetahui khasiat dalam tutut. Ternyata bentuk kecilnya kaya akan nutrisi. Mari makan tutut. Paskalis Andrew/Berbagai sumber.  


Artikel Terkait