The Story of Ice Cream

andrew   16 Agustus 2019 Food Story

.

Es krim memiliki tekstur yang lembut, rasa yang manis, dan bisa mendinginkan tubuh dari panas siang yang terik. Es krim juga digemari oleh banyak kalangan, dari anak-anak sampai orang tua sangat menyukai es krim.   Tapi tahukah anda sejarah es krim yang sering kita makan? 

Dahulu, membuat es krim adalah hal yang tidak mudah. Dulu belum ada alat pendingin seperti kulkas dan freezer. Jadi, saat membuat ice cream, orang a harus mengambil es dari danau atau kolam yang membeku saat musim dingin. Setelah itu, es dipotong dan disimpan agar tidak meleleh. Disimpan di dalam tumpukan jerami, lubang di dalam tanah, atau tempat penyimpanan es yang terbuat dari kayu dan diberi jerami. 


Sejak Awal Masehi

Dengan cara ini memungkinkan orang tempo dulu tetap bisa menikmati Ice Cream di saat musim panas.  Tapi jangan dikira es krim saat itu sudah seperti sekarang. Pada saat itu, es krim masih diolah secara tradisional. Es yang telah dihancurkan dicampur dengan garam, sehingga adonan dapat membeku.

Sejarah kemunculan es krim yang pertama, dipercaya datang dari zaman kepemimpinan Kaisar Nero, Romawi pada tahun 64 M. Diceritakan bahwa saat itu Kaisar Nero menginginkan makanan penutup yang dingin. Kemudian dibuatkan kombinasi antara salju halus, nektar, sirop buah, dan madu.

Dan konon, es krim juga mulai dikenal di negeri Cina sekitar tahun 700 M. Kemunculan es krim di Cina dimulai saat Raja Tang dari kerajaan Shang mendapatkan hadiah berupa gumpalan salju saat makan malam. Salju tersebut diproses dengan tambahan susu dan sari buah, serta dilumuri juga dengan madu. Makanan penutup yang dikenal dengan istilah xuebaite tersebut ternyata menjadi makanan kesukaan sang raja, yang akhirnya dipopulerkan di lingkungan kerajaannya. 


.

Dibawa Ke Eropa

Cerita lainnya mengatakan bahwa sekitar tahun 1254 M, Marcopolo yang baru kembali dari Cina, membawa oleh-oleh cara pembuatan es krim. Saat itu, sebenarnya di Italia sendiri sudah dikenal jenis es tersebut dari sirop khas Italia. Dengan tangan dingin Marcopolo, es sirop Italian tersebut mengalami modifikasi. Rasanya yang enak membuat es sirop ini menjadi favorit banyak orang dan menyebar ke negara Eropa lainnya. 


.

Bahan dasar es sirop semakin berkembang, bukan hanya dari sirop melainkan menjadi susu dan krim. Bahan dasar baru ini membuat rasanya semakin kaya, tidak hanya manis tetapi juga gurih dan teksturnya semakin lembut. Setelah itulah sekitar abad ke-18, orang Inggris menyebutnya ice cream.

Lalu es krim sendiri baru muncul di benua Amerika pada abad 19 seiring dengan ditemukannya mesin pembuat es krim. Saat itu, Gubernur asal Maryland, Amerika Serikat, menyajikan es krim kepada para tamunya. Hal inilah yang menjadi awal mula berkembangnya es krim di Amerika Serikat. Namun, baru 76 tahun kemudian kios es krim pertama dibuka di New York. 


.

Awal masuknya es krim di Indonesia ketika belanda masuk ke Indonesia. Es krim dulu juga termasuk barang mewah dan harganya mahal. Dan pada saat itu es krim biasanya hanya orang-orang belanda yang bisa menikmatinya.

Seperti itu sejarah panjang dari sebuah es krim. Anda pasti tidak menyangka jika es krim yang sering kita makan, merupakan makanan para raja pada zaman dulu dan termasuk makanan yang mewah. Kini es krim dijual dengan harga 1000 sampai harga ratusan ribu.  Paskalis Andrew/berbagai sumber -


Artikel Terkait