Wajib Dikuasai! 7 Aturan Dasar Table Manner

admin   11 Juli 2019 Tips n Trick

.

Makan di restoran mewah, pastilah berbeda dengan makan di tempat makan biasa atau bahkan warung makan. Hal yang membedakannya salah satunya adalah adanya ‘aturan tertentu’ atau yang biasa disebut dengan table manner. Ini adalah bagaimana sikap kita ketika kita sedang makan di restoran mewah. Ada aturan dasar yang perlu kamu kuasai terlebih dahulu, sebelum makan di restoran mewah.


Jangan Asal Slonong

 Beberapa restoran akan menyambut tamu nya dengan menanyakan “kursi untuk berapa orang?” Hal ini dilakukan agar supaya pelayan dapat memaksimalkan kursi yang mereka miliki. Beberapa kursi juga biasanya telah dipesan sebelumnya atau reserved. Jadi jangan asal nyelonong aja, ya. Biarkan pelayan yang menunjukkan kursimu.


.

Duduk Sopan

 Jangan mengangkat kaki seperti sedang makan di rumah, warung atau restoran lesehan. Ingat, kamu di restoran mewah. Kamu bertemu dengan orang-orang yang ‘berkelas’ sehingga Anda juga harus dapat menyesuaikan diri. Duduklah dengan tegap namun tetap santai, namun  usahakan untuk tidak bersandar pada kursinya.


.

Beda Peralatan Beda Fungsi

 Coba kamu perhatikan peralatan makan di restoran mewah. Sendok saja ada sekian macam, begitu juga garpu ataupun pisau. Setiap jenisnya punya fungsi yang berbeda-beda. Kenalilah  nama alat dan fungsinya. Ada sendok yang khusus untuk mengonsumsi sup, pisau untuk mengoles butter atau piring yang digunakan untuk makan. Penggunaan peralatan makan digunakan mulai dari yang terluar.


.

Jangan Bermain Alat Makan

 Bunyi-bunyian yang tercipta dari gesekan atau sentuhan peralatan makan, mungkin membuatmu tergelitik memainkannya. Yah, mungkin mengingatkanmu pada masa kecil dimana peralatan makan dianggap seperti alat musik drum. Sayangnya kamu bukan anak kecil lagi, kan? Jangan sampai deh kamu dengan sengaja memainkan alat makanmu. Memalukan! 


.

Kunyah Mulut Tertutup

 Mengunyahlah dengan mulut tertutup. Enggak semua orang mau mendengarkan suara kecapanmu, bukan? Memang sih sekarang lagi hits video ASMR dimana memang disengaja supaya menimbulkan suara. Akan tetapi, tidak semua orang menyukainya, kan? Hal ini berbeda dengan di negara Jepang, dimana mengeluarkan bunyi saat makan justru menandakan sebuah penghargaan atas kenikmatan makanannya.


.

Berbicara

Boleh kok kita makan malam bersama keluarga atau teman sembari mengobrol. Akan tetapi, kunyahlah makananmu hingga habis terlebih dahulu, barulah kamu bisa mengorbrol. Bayangkan saja jika makanan yang kamu kunyah akan ‘terlempar’ dan mengenai lawan bicaramu. Bikin malu, kan? Supaya kamu bisa mengunyah dan segera mengobrol, kamu bisa menyuapnya sedikit demi sedikit, atau memotong makanan menjadi bagian kecil.


Tusuk Gigi untuk

Seringkali makanan yang kita konsumsi terselip di sela-sela gigi. Itulah fungsinya tusuk gigi. Gunakan tusuk gigi itu untuk mengambil makanan yang terselip. Kamu bisa menutupinya menggunakan tangan ketika hendak melakukannya. Jika dirasa terlalu dalam, kamu bisa permisi sebentar untuk ke kamar mandi. Apa sih pentingnya aturan ini? Tentu saja supaya kamu bisa menikmati pengalaman makan di restoran mewah dengan mengesankan. Kamu juga bisa terlihat ‘berkelas’ ketika kamu berhasil melakukannya. Purti Aisya


Artikel Terkait